Monday , 24 July 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Kolom Tokoh ::: Walt Disney, Bapak Animasi dan Pendiri Disneyland

Walt Disney, Bapak Animasi dan Pendiri Disneyland

Walt Disney, Bapak Animasi dan Pendiri Disneyland.

SilahkanSHARE.com | Pasti bagi kalian para pecinta animasi, sudah tak asing lagi dengan nama Walt Disney  produksi film animasi terkenal di Amerika serikat. Banyak yang mengira bahwa nama Walt Disney adalah sebuah perusahaan tempat produksi film animasi. Hal ini memang tak ada salahnya, karena memang ada tempat produksi film yang bernama The Walt Disney Company.

Dikutip dari maxmanroe.com, Namun yang perlu anda tahu bahwa nama Walt Disney atau Walter Elias Disney sesungguhnya adalah nama tokoh, produser film, pengusaha, sutradara, animator dan pengisi suara yang mendirikan The Walt Disney Company dan Disneyland, sebuah kerajaan film animasi anak serta pusat hiburan keluarga yang sangat tenar di dunia ini.

Sebagai pengusaha, jalan menuju kesuksesan saat ini tidak didapat begitu saja dengan mulus. Banyak hambatan, rintangan, kegagalan, pengkhianatan, kemiskinan hingga kelaparan menghadang pria kelahiran Chicago, Illionis, tanggal 5 Desember 1901 silam ini.

Dengan kerja keras, perjuangan dan rasa optimisnya, Disney akhirnya berhasil menciptakan kerajaan kartun yang maha besar yang membawakan tawa dan suka cita yang tiada habis-habisnya bagi anak-anak dan bahkan orang dewasa di seluruh dunia. Lalu seperti apakah kisah perjalanan Walt Disney dalam merintis dan menjalankan kerajaan bisnisnya ini? Berikut ulasannya.

Tertarik Pada Film Animasi

Ditinjau dari latar belakang dan silsilah keluarganya, sebenarnya Walt Disney tak memiliki riwayat hidup pada film animasi. Ketertarikan Disney pada film animasi terjadi saat dirinya bekerja sebagai kartunis disebuah tempat produksi film animasi Kansas City Film Ad Company. Disinilah Disney mulai tertarik dengan film animasi dan mulai mempelajari film animasi dengan lebih serius.

Dengan keyakinan akan ilmu dan pengalaman yang telah didapat, Disney kemudian mengundurkan diri dari Kansas Film dan menggunakan seluruh tabungannya untuk membentuk Laugh-o-Grams. Pada perusahaan film animasi pertamanya ini, Disney dibantu oleh temannya untuk menyelesaikan film Puss in Boots, Little Red Riding Hood dan beberapa film animasi lainnya.

Tak dinyana film animasi produksinya mendapatkan respon yang positif dari publik. Filmnya banyak diputar dan ditonton serta digandrungi banyak orang. Namun sayang, meski filmnya banyak disenangi orang, perusahaannya malah diambang kebangkrutan karena ia tidak memperhatikan cashflow keuangan perusahaan yang terus mengalami penurunan.

Mengalami Hambatan dan Kesulitan

Karena sudah terlilit hutang yang sangat besar sekali, hingga Disney tak sanggup membeli makanan yang layak, akhirnya Laugh-o-Grams pun bangkrut dan ia jatuh miskin lagi. Keadaan semakin parah saat Disney kembali mencari kerja dan banyak yang menolaknya. Disaat yang serba terdesak tersebut, Disney coba membujuk dan mengajak kakaknya agar mau menanamkan uang dan membentuk Disney Brothers Studio.

Sukses Film Animasi Alice in Wonderland yang Berujung Kegetiran

Dalam studio film Disney Brothers, Disney mengajak seorang produser film untuk membuat film animasi Alice in Wonderland. Film yang menggabungkan aktor sungguhan dan aktor animasi ini ternyata booming dan banyak diminati penonton.

Namun lagi-lagi baru saja sukses besar, Disney kembali menemui permasalahan. Kini rintangan yang dihadapi adalah sebuah konspirasi dan pengkhianatan. Diawali saat Disney mendiskusikan perpanjangan kontrak, tiba-tiba produsernya hanya membayarnya dengan jumlah uang yang sedikit.

Tentu saja hal ini membuat Disney marah dan tidak terima. Produsernya pun tak mau ambil pusing dengan menantang Disney untuk putus kontrak dan pengambilalihan hak atas Allice in Wonderland serta tokoh utama Oswald.

Dan lebih parahnya bahwa semua ilustrator yang seharusnya bekerja untuk Disney, disabotase oleh pemilik modal dengan gaji yang lebih tinggi. Pengkhianatan dan tak kuasannya melawan di ranah hukum membuat Disney pun akhirnya pasrah dan menghentikan kontrak serta melepas hak cipta Oswald.

Menciptakan Mickey Mouse

Meski kembali mengalami kegetiran, Disney tak putus asa. Dengan skill yang dimilikinya, ia kembali berkreasi menciptakan tokoh animasi yang baru. Dari ide mengamati gerak gerik tikus dan menutak-atik gambarnya lahirnya tokoh Mickey Mouse.

Meski telah yakin dengan tokoh barunya ini, Disney harus merogoh dalam koceknya untuk membuat Mickey Mouse lebih menarik dengan menganggarkan biaya dubbing suara. Dari perjuangan inilah akhirnya ada produser yang mau mendanai film Mickey Mouse yang pertama.

Lagi-lagi film hasil kreasinya ini jadi populer. Dari keberhasilannya ini Disney menciptakann tokoh-tokoh animasi lain seperti Donald Duck, Goofy dan banyak lagi yang lainnya.

Mendirikan Disneyland

Setelah kembali sukses dengan tokoh Donald Duck, Goofy serta film Snow White and the Seven Dwarfs, pria yang pantang menyerah ini kembali memutuskan untuk bergerak maju dengan ide untuk membangun taman impian tematik dimana setiap anak dan orang dewasa dapat bersenang-senang di dalamnya.

Meski saat itu Disney telah berusia 50 tahun, namun dengan semangat dan kerja kerasnya akhirnya pada tahun 1955 ia dapat mewujudkan Disneyland, sebuah tempat impian masa kecil Disney.

Walt Disney meninggal dunia pada tahun 1966. Dengan seluruh pencapaiannya, jelas Walt Disney kini telah menjadi legenda dan bapak animasi dunia. Sekarang dunia telah mengenang Disney sebagai orang yang membuat film-film animasi kesukaan anak-anak dan juga sebagai orang yang telah membangun taman impian dan bermain Walt Disney yang saat ini juga dapat dikunjungi di berbagai negara seperti Amerika, Singapore, Hongkong dan Jepang.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Jangan heran jika masyarakatnya sangat mudah diprovokasi, saling cela di sosial media, sibuk mencari dan menghina kekurangan orang lain dan tidak mau koreksi kekurangan dirinya.Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Kisah Bung Karno Soal Asal Mula Nama Pancasila

Kisah Bung Karno Soal Asal Mula Nama Pancasila. SilahkanSHARE.com | Hari Lahir Pancasila | Pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *