Sunday , 28 May 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Kesehatan ::: Studi: Minum Kopi Dapat Menurunkan Risiko Multiple Schlerosis

Studi: Minum Kopi Dapat Menurunkan Risiko Multiple Schlerosis

Studi: Minum Kopi Dapat Menurunkan Risiko Multiple Schlerosis.

SilahkanSHARE.com | Para peneliti tak ada henti-hentinya untuk mengungkap manfaat sehat yang terkandung dalam kopi.

para peneliti menemukan satu lagi manfaat sehat minum kopi terungkap dalam sebuah penelitian ilmiah. Orang-orang yang rajin minum kopi lebih terlindungi dari risiko multiple schlerosis (MS).

Multiple schlerosis itu sendiri adalah salah satu penyakit sistem syaraf pusat (otak dan jaringan syaraf sum-sum tulang belakang) akibat kerusakan myelin.

Dibandingkan dengan responden yang mengaku tidak minum kopi, responden yang rajin minum kopi punya risiko sepertiga lebih rendah untuk terkena MS.

“Kami mengamati kaitan yang signifikan antara konsumsi kopi dalam jumlah banyak dengan penurunan risiko MS,” kata Anna Hedstrom, ilmuwan dari Karolinska Institute yang melakukan penelitian tersebut, seperti dikutip dari Livescience, [04/03/16].

Temuan ini sebenarnya telah dipresentasikan dalam American Academy of Neurology pada Februari silam. Kini, penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal peer-reviewed, yakni Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry edisi 3 Maret 2015.

Dalam penelitiannya, Hedstrom melibatkan 2.779 orang dengan MS dan 3.960 orang tanpa MS. Hasil pengamatan menunjukkan, responden yang mengonsumsi 4 gelas atau 900 mL kopi sehari punya risiko 29 persen lebih rendah mengalami MS.

Hubungan sebab akibat dalam temuan tersebut belum benar-benar terkonfirmasi. Namun diyakini, kandungan kafein punya efek protektif atau perlindungan pada otak dan sumsum tulang belakang.

Pada MS, sistem imun atau kekebalan tubuh menyerang selubung myelin. Kerusakan pada sistem saraf tersebut bisa mengganggu semua sistem organ yang ada di tubuh.

Sumber: detikHealth

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet.

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

10 Perilaku Anak yang Menunjukkan Gejala Gangguan Mental

10 Perilaku Anak yang Menunjukkan Gejala Gangguan Mental. SilahkanSHARE.com | Sebagai orangtua, tentu sering mengkhawatirkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *