Monday , 24 July 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Kesehatan ::: Studi: Berjalan Tanpa Alas Kaki Bantu Tingkatkan Kapasitas Daya Ingat

Studi: Berjalan Tanpa Alas Kaki Bantu Tingkatkan Kapasitas Daya Ingat

Studi: Berjalan Tanpa Alas Kaki Bantu Tingkatkan Kapasitas Daya Ingat.

SilahkanSHARE.com | Saat sedang jenuh dan ingin menyegarkan pikiran, cobalah untuk berjalan-jalan tanpa alas kaki. Terkesan aneh, namun studi ungkap hal ini dapat membantu menyegarkan otak dan meningkatkan kemampuan mengingat lho.

Seperti disampaikan oleh para peneliti dari University of North Florida, bahwa berjalan telanjang kaki lebih baik dalam hal meningkatkan kemampuan mengingat dan memproses informasi.

“Mengingat merupakan salah satu keterampilan kognitif yang penting. Hasil penemuan ini memberikan informasi penting bagi mereka yang banyak beraktivitas dengan mengandalkan daya ingat,” tutur salah satu peneliti yang terlibat, Tracy Alloway, seperti dikutip dari Times of India, Selasa (17/5/2016).

Dalam studi ini, tim peneliti meminta 72 partisipan yang berusia 18-44 tahun untuk berlari dua kali. Satu kali menggunakan alas kaki dan kali berikutnya tanpa alas kaki selama 16 menit. Kemampuan memori mereka diukur sebelum dan sesudah sesi berlari dilakukan.

Hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Perceptual and Motor Skills ini menemukan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan, yakni sekitar 16 persen, terhadap kinerja memori saat responden berlari tanpa alas kaki.

Sebaliknya, tidak ada peningkatan yang signifikan dalam memori kerja saat responden berlari menggunakan alas kaki.

“Jika kita melepas sepatu dan pergi berlari, kita dapat selesai dalam kondisi lebih cerdas dibandingkan saat kita mulai berlari di garis start,” ungkap peneliti lainnya, Ross Alloway.

Alloway menjelaskan, saat berjalan atau berlari dalam kondisi tanpa alas kaki, tanpa disadari Anda akan menggunakan otak untuk melihat dan menghindari benda-benda yang berpotensi melukai dengan cara mencari penempatan kaki yang tepat.

“Ada kemungkinan hal ekstra inilah yang menjadikan otak semakin terlatih, sehingga pada akhirnya juga memengaruhi kemampuan mengingat seseorang,” imbuhnya.

Sumber: detik.com

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Jangan heran jika masyarakatnya sangat mudah diprovokasi, saling cela di sosial media, sibuk mencari dan menghina kekurangan orang lain dan tidak mau koreksi kekurangan dirinya.Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

10 Perilaku Anak yang Menunjukkan Gejala Gangguan Mental

10 Perilaku Anak yang Menunjukkan Gejala Gangguan Mental. SilahkanSHARE.com | Sebagai orangtua, tentu sering mengkhawatirkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *