Sunday , 28 May 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Sosial ::: Keluarga ::: Studi: Anak Pertama Mempunyai Kelebihan yang Spesial

Studi: Anak Pertama Mempunyai Kelebihan yang Spesial

Studi: Anak Pertama Mempunyai Kelebihan yang Spesial.

SilahkanSHARE.com | Lahir di keluarga sebagai buah hati pertama, si sulung bisa cenderung merasa dirinya sebagai raja atau ratu. Oleh sebab itu ketika muncul sang adik, beberapa anak mungkin akan merasakan cemburu karena tak lagi diperlakukan spesial.

Terkait hal itu anak sulung tak usah khawatir karena studi telah membuktikan ia sendiri sebetulnya sudah cukup ‘spesial’. Berbagai macam studi melihat bahwa urutan kelahiran bisa memiliki dampak terhadap perkembangan dan anak sulung secara khusus memperoleh beberapa di antaranya.

Dikutip dari sumber detikHealth.com pada, [5/4/16], berikut empat kelebihan anak sulung:

#1. Pintar

Dalam studi yang dilakukan di Norwegia tahun 2007 pada 250 ribu orang dewasa muda, mereka yang posisinya di keluarga anak pertama memiliki IQ rata-rata lebih tinggi 2,3 di bandingkan adiknya.

Peneliti menduga hal ini terjadi bukan karena faktor genetik tetapi karena lingkungan pola asuh orang tua. Ketika anak pertama lahir orang tua memberikan perhatian penuh yang tak terbagi dan ini bisa dimanfaatkan oleh anak untuk belajar lebih baik dibandingkan adiknya kelak.

“Faktor lainnya juga mungkin otak anak sulung berkembang dengan baik karena mereka harus mengasuh dan mengajari adik-adiknya tentang berbagai hal,” ungkap peneliti Julia Rohrer.

#2. Bertanggung jawab

Dilatih untuk mengalah dan memberi ‘jalan’ kepada adik membuat anak sulung sudah harus belajar tanggung jawab sejak di awal kehidupannya. Menurut Jeffrey Kluger, penulis buku ‘The Sibling Effect’, anak sulung cenderung fokus pada loyalitas keluarga dan pencapaian tradisional. Oleh sebab itu ia seringkali dianggap sebagai anak yang lebih patuh dan bertanggung jawab.

#3. Sukses

Dengan IQ yang lebih tinggi seperti dijelaskan sebelumnya, anak sulung bisa jadi memiliki performa lebih baik di sekolah dan juga di dunia profesional. Menurut psikolog Professor Ben Dattner hal ini didukung pula dengan sifat anak sulung yang berorientasi pada prestasi dan ingin membanggakan orang tuanya.

Lebih jauh studi menunjukkan anak sulung lebih kuat mendominasi adik-adiknya sebagai figur dengan otoritas, hal ini membuatnya berkesempatan untuk belajar mengambil peran pemimpin di dunia profesional.

#4. Patuh

Bila anak tengah atau anak bungsu identik dengan pandangan sulit diatur, anak sulung dalam hal ini dikatakan lebih mungkin untuk mengikuti aturan dan menjaga status quo.

“Anak yang lahir pertama cenderung lebih bertanggung jawab, kompetitif dan konfensional sementara anak yang lahir belakangan harus ‘membedakan’ dirinya. Ia jadinya membuat kesan spesifik dengan bersikap lebih lucu, kooperatif, dan terutama lagi memberontak,” kata psikolog dari Belgia dalam jurnal Personality and Individual Differences [2003].

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet.

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Tiga Hal Salah Kaprah Tentang Facebook

Tiga Hal Salah Kaprah Tentang Facebook. SilahkanSHARE.com | Sampai detik ini Facebook masih menjadi media …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *