Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Kolom Tokoh ::: Stephen Hawking: Ilmu dan Teknologi Ancaman Terbesar Manusia

Stephen Hawking: Ilmu dan Teknologi Ancaman Terbesar Manusia

Stephen Hawking: Ilmu dan Teknologi Ancaman Terbesar Manusia.

SilahkanSHAARE.com | Ilmu dan teknologi sering dijadikan salah satu tolak ukur kemajuan peradaban manusia. Semakin baik ilmu dan teknologi yang dicapai, jelas sebuah peradaban akan disebut sebagai peradaban yang maju.

Namun, anggapan tersebut mungkin tidak selalu benar. Setidaknya, itulah yang dipikirkan oleh seorang fisikawan terkemuka saat ini, Stephen Hawking. Dalam sebuah kesempatan, Hawking memperingatkan bahwa kemajuan ilmu dan teknologi dapat mengancam eksistensi manusia.

Menurut dia, kemajuan dalam bidang ilmu dan teknologi lambat laun dapat mengancam kehidupan manusia itu sendiri. Hawking menuturkan, senjata nuklir dan virus yang direkayasa genetik jelas dapat membahayakan eksistensi manusia jika tidak diatur.

“Kita (manusia) tidak akan berhenti membuat kemajuan maupun sebaliknya. Jadi kita harus mengenali bahaya yang mungkin terjadi dan dapat mengendalikannya,” ujar Hawking seperti dikutip dari laman The Guardian, [22/01/16).

Tak hanya itu, Hawking juga memperkirakan bahwa bencana alam di Bumi juga dapat mengancam kehidupan manusia setidaknya satu sampai sepuluh ribu tahun ke depan. Namun, bukan berarti ketika itu manusia tidak dapat bertahan.

Sebab, Hawking optimistis bahwa pada saat kondisi itu tiba, manusia sudah dapat mengembangkan koloni di luar angkasa. Hanya saja, sebelum mencapai kondisi tersebut, untuk saat ini manusia masih harus berhati-hati dan bertahan hidup.

Sebelumnya, Hawking juga pernah mengutarakan kekhawatirannya terhadap perkembangan kecerdasan buatan yang begitu pesat. Fisikawan asal Inggris tersebut merasa bahwa kecerdasan buatan bisa menjadi petaka bagi manusia.

Sebab, manusia yang dibatasi oleh evolusi biologis yang sangat lambat tidak akan mampu bersaing dengan perkembangan kecerdasan buatan. Dan, posisi manusia dapat digantikan oleh keberadaan kecerdasan buatan tersebut.

Sumber: Liputan6.com

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Terlalu banyak informasi NEGATIF beredar di internet, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan inspirasi dan memotivasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan, serta kebaikan untuk pembacanya. Saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya! Anda setuju dengan KAMI, Silahkan bantu LIKE dan SHARE!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

4 Programmer Wanita Hebat yang Berhasil Mengubah Dunia

4 Programmer Wanita Hebat yang Berhasil Mengubah Dunia. SilahkanSHARE.com | Tak dimungkiri, ilmu komputer merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *