Saturday , 27 May 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Teknologi Informasi ::: Siapa Pencipta Password yang Pertama dan Sejarahnya

Siapa Pencipta Password yang Pertama dan Sejarahnya

Siapa Pencipta Password yang Pertama dan Sejarahnya.

SilahkanSHARE.com | Coba saya ingin tanya, ketika anda ingin buka facebook, twitter, website, blog, dan yang lainya, anda pastinya harus memasukan PASSWORD bukan?

Pertanyaanya, Siapa Pencipta Password yang Pertama?

Jika belum tahu, berarti anda sama dengan saya yang juga baru tahu hehe..

Karena sekarang saya sudah tahu, maka disinilah saya ingin berbagi tulisan supaya anda jadi tahu dan selanjutnya bisa membagikan tulisan ini supaya semakin banyak orang tahu 🙂

Memang seringkali kita sangat senang dan berulang kali mendapatkan manfaat dari hasil karya orang lain, akan tetapi seringkali kita justru tidak pernah mengenal siapakah orang yang menciptakan PASSWORD untuk pertama kalinya.

Saya kutipkan dari liputan6.com (10/6/14), Password atau sandi sudah menjadi salah satu kumpulan kode yang hampir setiap hari digunakan oleh para pengguna komputer maupun internet di dunia. Saat mengakses akun media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya, kita diwajibkan untuk memasukkan password.

Lalu, siapakah penemu password?

Sejarah Diciptakanya Password yang Pertama

Pada awal tahun 1960-an, Fernando Corbato mengubah dunia. Ia mengembangkan sistem password komputer pertama untuk sebuah proyek di Massachusetts Institute of Technology (MIT), di mana beliau mencoba untuk menciptakan akun terpisah di antara para peneliti yang ada di sana.

Dari situlah terciptanya sebuah password di komputer. Perubahan ini tak hanya memberikan pemahaman tentang bagaimana kita menggunakan teknologi, tetapi juga memaksa kita untuk memikirkan tentang privasi ketika menggunakannya. Tapi sekarang, di era Internet, mantan profesor MIT ini percaya bahwa password telah menjadi mimpi buruk yang nyata.

Perkembangan Password

Dalam sebuah wawancara dengan The Wall Street Journal, Corbato mengatakan bahwa sistem password menjadi `mimpi buruk` untuk World Wide Web. Ia pun percaya bahwa password telah menciptakan masalah yang tak hanya untuk hacker, tetapi juga kepada pemilik password itu sendiri.

“Sulit membayangkan bahwa ada orang yang bisa mengingat semua password yang mereka miliki. Ini menimbulkan masalah besar,” kata Corbato seperti dikutip dari blog The Wall Street Journal, Selasa (10/6/2014).

Maka dari itu Corbato menyarankan kepada para pengguna komputer dan internet untuk membuat daftar password atau menggunakan program pihak ketiga yang memungkinkan mereka menyimpan semua password miliknya dengan aman.

Meski password rentan terhadap tindak kejahatan cyber, sekumpulan sandi ini berguna untuk keamanaan dan privasi pengguna komputer maupun internet. Jika tidak ada password, semua data pribadi Anda bisa dilihat semua orang, termasuk hal yang sebenarnya tidak layak diperlihatkan kepada orang lain.

Sebagai penutup dari tulisan ini, saya berharap kepada anda yang sudah membaca tulisan ini, marilah sedikit luangkan waktu untuk mengucapkan terima kasih kepada Pencipta PASSWORD Fernando CorbatoTerima kasih banyak Fernando Corbato !!

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet.

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Inilah Tujuh Teknologi Canggih Google yang Bakal Merubah Dunia

Inilah Tujuh Teknologi Canggih Google yang Bakal Merubah Dunia. SilahkanSHARE.com | Raksasa teknologi Alphabet atau …

3 comments

  1. terima kasih fernando corbato. terimakasih mas aries.

  2. Makasi Banyak atas infonya Gan….
    Ijin Copas Gan, biar temen cy pada tau, soalnya Info ini berharga banget dan juga penting buat pengetahuan . . . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *