Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Kesehatan ::: Riset: Efek Luar Biasa Tertawa Terbahak-Bahak Bagi Tubuh

Riset: Efek Luar Biasa Tertawa Terbahak-Bahak Bagi Tubuh

Riset: Efek Luar Biasa Tertawa Terbahak-Bahak Bagi Tubuh.

SilahkanSHARE.com | Tertawa terbahak-bahak ternyata punya efek luar biasa bagi tubuh. Saat tertawa, tubuh juga membakar kalori yang jumlahnya sama ketika Anda jalan cepat.

Tak hanya itu, bahkan dengan tertawa terkekek saja, sudah bisa melatih otot dan bisa membakar sekitar 10 kalori per jam. Hal itu diungkapkan Dr Helen Pilcher, PhD., seorang ahli biologi sekaligus komedian yang belum lama ini melkukan riset tentang efek tertawa pada diet penurunan berat badan.

Dikutip dari wolipop.detik.com [20/01/16]. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa tawa yang intens bisa membakar hingga 120 kalori dalam satu jam. Seperti halnya ketika seseorang jalan cepat dalam durasi yang sama. Tertawa intens yang dimaksud adalah tawa yang lepas dan spontan, tak terkontrol atau tertawa sampai terguling-guling (istilah populernya ROFTL –rolling on the floor laughing).
Tawa yang sampai menimbulkan guncangan di perut, bisa membakar 100 kalori per jam. Sementara tawa kecil tapi konstan (sulit berhenti) dalam satu jam membakar sekitar 20 kalori.

Ada penjelasan ilmiah di balik ‘tawa sehat bakar kalori’ ini. Para ilmuwam menemukan bahwa ada satu jaringan otot, disebut dengan ‘internal obliques’ yang berperan penting menciptakan penampakan six pack pada perut. Saat tertawa, jaringan otot-otot ini akan aktif. Bahkan tertawa disebut-sebut lebih efektif mengaktifkan ‘internal obliques’ ketimbang latihan sit-up.

Selain itu tertawa juga meningkatkan peredaran darah, berguna untuk latihan kardiovaskular yang menggunakan banyak energi sehingga membantu pembakaran kalori. Dr Helen pun menghubungkan manfaat ini dengan menonton acara komedi.

“Laporan ini meningkatkan kemungkinan bahwa menonton acara komedi bisa membantu Anda memiliki perut six pack dengan menargetkan pada otot internal oblique yang lebih efektif ketimbang sit-up,” ujar Helen, seperti dikutip dari Daily Mail.

“Saya benar-benar merasa (perut) lebih kencang setelah berjam-jam nonton komedi di TV,” tambahnya.

Tertawa memang membawa banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya membakar kalori. Yang perlu dicermati dari hasi penelitian ini, bahwa tertawa tidak bisa menggantikan total manfaat dari olahraga.

Untuk membakar 100 hingga 200 kalori saja, Anda perlu tertawa terus menerus selama lebih kurang satu jam dan itu terbilang tidak terlalu mudah. Kecuali jika Anda memang punya waktu luang setiap hari untuk menonton acara komedi. Meski begitu tidak ada salahnya jika Anda menyempatkan untuk mencoba relaks dengan hiburan-hiburan yang membuat tertawa di sela-sela kesibukan. Pikiran segar, tubuh pun sehat.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Terlalu banyak informasi NEGATIF beredar di internet, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan inspirasi dan memotivasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan, serta kebaikan untuk pembacanya. Saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya! Anda setuju dengan KAMI, Silahkan bantu LIKE dan SHARE!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Nasi Putih Lebih Berisiko Sebabkan Diabetes Ketimbang Minuman Manis?

Nasi Putih Lebih Berisiko Sebabkan Diabetes Ketimbang Minuman Manis? SilahkanSHARE.com | Otoritas kesehatan di Singapura …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *