Thursday , 23 March 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Headline ::: Planet Mirip Bumi Ditemukan, Adakah Makhluk Hidup Disana?

Planet Mirip Bumi Ditemukan, Adakah Makhluk Hidup Disana?

Planet Mirip Bumi Ditemukan, Memiliki Air, Adakah Makhluk Hidup Disana?

SilahkanSHARE.com | SAINS | Saya secara pribadi memang tidak memiliki pengetahuan banyak tentang kajian yang membahas terkait dengan ilmu perbintangan, antariksa, planet, dan yang lainya. Namun anehnya, saya selalu menyukai dan penasaran ketika ada informasi yang terkait dengan hal tersebut.

Salah satu informasi yang baru-baru ini ramai dibicarakan oleh netizen yaitu terkait ditemukanya Planet Mirip Bumi.

Sebagaimana banyak dipublikasikan oleh berbagai media nasional maupun internasional termasuk salah satu media online dw.com disebutkan bahwa Menurut riset yang baru-baru ini dipublikasikan melalui jurnal sains di Amerika, planet yang menyerupai bumi ini diberi nama Kepler-452b, dimana planet ini terdeteksi oleh para ilmuwan NASA dengan menggunakan teleskop Kepler milik NASA.

Planet yang diduga menyerupai bumi ini kurang lebih 10 persen lebih besar dari bumi dan terletak sekitar 500 tahun cahaya dari konstelasi Cygnus. Anda tentunya bisa membayangkan betapa jauhnya planet ini dari Bumi.

Spekulasi para ilmuwan juga menyebutkan bahwa planet ini diduga sangat mungkin mengandung air, sebuah komponen penting untuk bisa hidup, penemuan ini juga dianggap menandai langkah yang sangat maju yang signifikan dalam mencari lokasi layak huni di luar sistem tata surya bumi yang kita tempati saat ini.

Sepupunya Bumi

Astronom dan Ilmuwan mengatakan jika Kepler-452b terletak di tepi luar wilayah bersuhu layak huni, yang hal tersebut berarti danau, sungai atau lautan dapat eksis tanpa membeku atau mendidih disana.

Bumi [Kiri] | Planet Kepler-452b [Kanan]
“Yang membuat temuan ini menarik adalah planet berukuran seperti bumi ini, satu dari lima planet yang mengorbiti sebuah bintang, yang lebih sejuk dari matahari, terletak di wilayah beriklim sedang di mana air dapat hadir dalam bentuk cairan,” ujar ketua tim Elisa Quintana dari Pusat Riset Ames NASA.

Namun ia lebih menganggap planet ini sebagai “sepupunya bumi” dan bukan kembaran bumi karena mengorbiti bintang yang lebih redup dan lebih kecil dari matahari, yang kemungkinan besar lebih dingin dari bumi.

Ukuran Planet Kepler-452b

Ukuran Planet Kepler-452b ini juga menjadi aspek signifikan dalam penemuanya dikarenakan ukuran planet sangat penting dalam memprediksi komposisi permukaan serta atmosfernya.

Planet-planet yang besarnya lebih dari 1,5 kali ukuran bumi, seringkali menarik lapisan hidrogen tebal yang membuat planet menyerupai raksasa gas seperti Jupiter atau Saturnus. Planet yang lebih kecil dianggap memiliki peluang lebih besar untuk mengandung bebatuan.

Planet Kepler-452b dianggap sebagai satu dari lima planet yang mengorbiti bintang Keplar-186. Ukuran dari Planet ini secara kesemuanya kurang lebih sebesar bumi, namun letak planet yang lainnya terlalu dekat dengan bintang untuk dapat menopang kehidupan.

Teleskop antariksa Kepler yang dimiliki NASA ini telah menemukan sekitar 961 planet sejak mulai dioperasikan pada bulan Maret 2009. Hanya beberapa Planet saja yang berada di zona layak huni dan semuanya tampak lebih besar dari bumi.

Video Planet Mirip Bumi Kepler-452b

Membaca penemuan planet baru ini terlebih disebutkan jika disana memiliki Air, itu artinya sangat mungkin jika disana sudah ada kehidupan? Atau setidaknya ada makhluk hidup disana?

Masih banyak pertanyaan yang menurut saya masih belum terjawab.

Dengan adanya penemuan planet baru ini juga boleh saja kita berfikir bahwa entah berapa ratus tahun lagi, jika bumi ini belum lebih dahulu kiamat, dan teknologi serta peradaban manusia semakin canggih, sangat mungkin manusia akan bisa tinggal diluar planet Bumi. Tapi saya sendiri tidak tahu juga kapan itu bisa terjadi, atau hanya sebuah mimpi? 🙂

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet.

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Manusia Pertama yang Berhasil Terbang Ternyata Seorang Fisikawan Muslim

Manusia Pertama yang Berhasil Terbang Ternyata Seorang Fisikawan Muslim. SilahkanSHARE.com | Jauh sebelum Orville dan …

One comment

  1. bisa ditempati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *