Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Kesehatan ::: Penyakit Mental Berbahaya yang Timbul Akibat Media Sosial!

Penyakit Mental Berbahaya yang Timbul Akibat Media Sosial!

Penyakit Mental Berbahaya yang Timbul Akibat Media Sosial!

SilahkanSHARE.com | Media sosial memang memiliki pengaruh besar pada hidup kita. Bahkan, saat ini akun media sosial seolah telah menjadi identitas kedua bagi para penggunanya. Banyak manfaat yang bisa diambil dari perkembangan media sosial.

Aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Path semakin populer. Belum lagi aplikasi chat yang memiliki fitur sosial media seperti WhatsApp, BBM, atau LINE. Memang, sih dengan aplikasi tersebut, komunikasi dapat berlangsung lebih cepat dan lancar. Fitur-fitur menarik di dalamnya juga membuat kita ingin selalu menggunakannnya. Namun, ternyata ada juga, loh dampak buruk yang dapat ditimbulkan.

Terutama mental yang mampu menyerang para penggunanya? Hal ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan oleh California State University.

Berikut enyakit Mental Berbahaya Akibat Media Sosial dikutip dari jalantikus.com:

#1. Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

ADHD merupakan gangguan perkembangan yang umumnya ditemui pada anak-anak. Gejalanya adalah perasaan selalu gelisah, tidak bisa tenang, serta mudah teralihkan pikiran dan perhatiannya. Sehingga, penderitanya nggak akan bisa fokus dalam belajar atau bekerja. Gangguan psikologis ini juga dapat menyerang kamu jika terlalu sering berinteraksi di media sosial, loh!

#2. Depresi

Depresi merupakan istilah umum untuk menggambarkan perasaan sedih yang mendalam, atau tertekan secara berlebihan. Depresi dapat menyebabkan hilangnya minat dan semangat di dalam diri, malas beraktivitas, gangguan pola tidur, bahkan mampu mendorong kamu untuk melakukan bunuh diri. Serem banget, kan?

#3. Obsessive–compulsive Disorder (OCD)

OCD merupakan gangguan psikologis yang membuat penderitanya selalu merasa cemas akan berbagai hal secara berlebihan. Bahkan, penderitanya dapat melakukan suatu hal yang sama secara berulang-ulang tanpa alasan yang jelas. Hal ini tentu dapat mengganggu kehidupan dan aktivitas sehari-hari kamu.

#4. Narcissistic Personality Disorder (NPD)

Kamu mungkin sering dengar istilah “narsis”. Yap, kalau orang suka pamer foto dirinya sendiri dengan berbagai gaya di media sosial pasti dibilang narsis. Namun, ternyata, hal ini dapat memicu penyakit psikologis yang berbahaya, loh! Yaitu NPD. Penderita NPD akan menjadi orang yang arogan, egois, dan tidak bisa berempati dengan orang lain. Mereka selalu mengharapkan pujian dan kekaguman dari orang-orang di sekitarnya. Mereka jadi sulit menjalin hubungan dengan orang lain dan rentan terancam depresi.

#5. Hypochondriasis

Hypochondriasis merupakan salah satu gangguan psikologis ketika penderitanya merasakan cemas yang berlebihan terhadap kesehatan tubuhnya, atau merasa menderita penyakit serius. Padahal, sebenarnya penyakit tersebut hanya ada di dalam khayalannya.

#6. Schizoaffective dan Schizotypal Disorder

Inilah tingkat gangguan kejiwaan yang paling serius. Sebab, Schizoaffective dan Schizotypal Disorder merupakan penyakit mental yang membuat penderitanya mengalami halusinasi, pikiran yang membingungkan, depresi, hingga gangguan ingatan. Bahkan penyakit mental ini mendorong potensi bunuh diri, bahkan membunuh orang lain. Ngeri banget, kan?

#7. Body Dysmorphia

Seorang penderita Body Dysmorphic Disorder memiliki rasa takut dan cemas yang berlebihan terhadap suatu kelainan pada bagian tubuhnya. Bukan hanya memperhatikan bagian-bagian tubuh, mereka juga tidak dapat berhenti memikirkan penampilannya, dan selalu ingin terlihat sempurna. Jika menemukan kelainan atau kekurangan pada bagian tubuhnya, mereka akan merasa tertekan dan mengalami depresi.

#8. Voyeurism

Voyeurism diartikan sebagai perilaku suka mengintip. Namun, dalam konteks media sosial, voyeurism merujuk kepada sikap penasaran yang berlebihan terhadap seseorang, sehingga melakukan stalking secara mendalam, hingga benar-benar terobsesi pada orang tersebut secara tidak wajar.

#9. Addiction

Secara umum, addiction berarti ketagihan. Semakin sering melakukan berbagai aktivitas di media sosial, seseorang akan ketagihan dan ingin melakukannya lagi, secara terus-menerus, dan tanpa henti. Ketagihan ini tentu membuat pola hidup yang normal menjadi berantakan.

Itulah 9 Penyakit Mental Berbahaya yang dapat disebabkan oleh penggunaan media sosial secara berlebihan. Makanya, mulai sekarang, coba gunakanlah media sosial secara wajar sesuai keperluan. Selain itu, jangan terhanyut oleh berbagai aktivitas media sosial yang bisa bikin kamu terkena salah satu penyakit mengerikan tersebut, ya!

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Terlalu banyak informasi NEGATIF beredar di internet, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan inspirasi dan memotivasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan, serta kebaikan untuk pembacanya. Saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya! Anda setuju dengan KAMI, Silahkan bantu LIKE dan SHARE!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Lima Manfaat Teh Celup Hitam untuk Tubuh Kita

Lima Manfaat Teh Celup Hitam untuk Tubuh Kita. SilahkanSHARE.com | Teh dari semua jenis memang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *