Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Headline ::: Pakar: Tips Sehat Saat Berbuka Puasa dan Sahur Agar Kerja Lambung Tak Berantakan

Pakar: Tips Sehat Saat Berbuka Puasa dan Sahur Agar Kerja Lambung Tak Berantakan

Pakar Kesehatan: Tips Sehat Saat Berbuka Puasa dan Sahur Agar Kerja Lambung Tak Berantakan.

Personal BLOG | Apakah anda memiliki kebiasaan ketika berbuka puasa atau sahur selalu makan dengan berbagai macam menu secara bersama-sama?

Jika jawaban anda iya [seperti saya dulu hehe], silahkan lanjutkan untuk membaca tulisan ini hingga selesai. Tapi jika jawaban anda tidak, anda boleh untuk mengabaikan tulisan ini.

Saya sendiri dulu sebelum tahu tentang hal ini, memang suka banget yang namanya makan saat berbuka puasa itu inginya serentak dan bersama-sama. Dulu biasanya begitu waktu berbuka puasa datang, maka langsung secara berurutan minum dan makanan mulai dari es kelapa muda, gorengan, buah, terus udah gitu langsung dilanjut makan nasi dan lauk.

Benar-benar sebuah kebiasaan yang memang tidak baik saat itu, namun setelah membaca beberapa artikel kesehatan, sejak saat itu saya berubah demi kesehatan tubuh saya.

Saya sebenarnya sudah lupa penjelasan ilmiahnya terkait hal tersebut, namun karena barusaja saya secara tak sengaja membaca salah satu tulisan di detikHealth, yang ternyata isinya hampir sama dengan yang dulu saya baca, saya juga ingin berbagi kepada pengunjung blog saya.

Jadi menurut penjelasan pakar kesehatan dan ahli gizi dan makanan mengatakan bahwa,

Lambung yang mendadak penuh dan diisi beragam jenis unsur makanan akan membuat kerjanya jadi berantakan. Asam lambung diproduksi tidak dalam takaran tepat, sering berlebih, itu pun sulit tercampur dengan seluruh bahan makanan karena kita sering minum banyak bersamaan dengan apa yang dimakan,” tutur praktisi yoga sekaligus salah satu pelaku food combining, Erikar Lebang, sebagaimana saya kutip dari detikHealth, Rabu (8/7/2015).

Belum lagi kebiasaan tidak mengunyah dengan baik apa yang kita makan. Menurut Erikar hal ini juga turut memberatkan sistem pencernaan di waktu berbuka puasa. Selain itu, doktrin untuk harus berbuka dengan manis dianggapnya juga justru dapat membuat lonjakan gula darah berlebihan.

“Akhirnya tubuh mengeluarkan insulin untuk menurunkan gula darah tersebut. Akibatnya gula darah turun drastis dan tubuh kehilangan tenaga. Jangan heran bila berbuka seperti demikian justru malah membuat seseorang lemah dan merasa ngantuk,” ungkapnya. Lantas bagaimana cara berbuka puasa yang baik menurut metode food combining?

Penjelasan tersebut diatas ternyata juga sangat sesuai dengan isi buku yang berjudul  dari ‘Food Combining di Bulan Ramadan’, hampir sama ketika kita sahur, awali dengan minum air putih. Setelah itu konsumsi buah-buahan segar dijadikan prioritas utama. Bisa dalam bentuk buah potong atau diblender. Kunyah perlahan-lahan agar tercampur liur dengan baik.

“Apabila pasca buah ada hidangan berbuka tambahan, usahakan beri waktu sekitar 15-20 menit untuk mengonsumsinya. Bisa dijeda dengan salat Magrib, lalu baru meneruskan dengan hidangan lain,” tuturnya.

Nah, dari penjelasan diatas sekarang semoga saja anda jadi faham bahwa perut kita itu ternyata ibarat mesin yang memang dalam penggunaan dan kinerjanya harus dengan cara yang teratur dan tidak menyalahi prosedur, dengan cara itu perut dan tubuh kita akan menjadi lebih sehat.

Tips tersebut diatas tidak hanya baik dilakukan saat puasa saja, melainkan dalam kehidupan sehari-hari juga disarankan seperti itu, tujuanya agar supaya kerja lambung dan organ tubuh lainya tidak terlalu “DIPAKSA” oleh keserakahan kita 🙂

Semoga kita semua bisa saling mengingatkan dalam hal kebaikan dan memberikan kebermanfaatan. Semoga melalui puasa ini siapapun kita, semuanya diberikan kesehatan dan keberkahan selama ramadhan. Amiiiin. | Jika tulisan ini dinilai bermanfaat, silahkan bisa dibagikan, semoga mereka yang membacanya akan menjadi lebih baik lagi dalam pola makan, khususnya selama puasa ramadhan.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Terlalu banyak informasi NEGATIF beredar di internet, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan inspirasi dan memotivasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan, serta kebaikan untuk pembacanya. Saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya! Anda setuju dengan KAMI, Silahkan bantu LIKE dan SHARE!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Nasi Putih Lebih Berisiko Sebabkan Diabetes Ketimbang Minuman Manis?

Nasi Putih Lebih Berisiko Sebabkan Diabetes Ketimbang Minuman Manis? SilahkanSHARE.com | Otoritas kesehatan di Singapura …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *