Friday , 18 August 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Sosial ::: Keluarga ::: Orangtua Harus Sadar Bahaya Internet bagi Anak

Orangtua Harus Sadar Bahaya Internet bagi Anak

Orangtua Harus Sadar Bahaya Internet bagi Anak.

SilahkanSHARE.com | Peran keluarga, dalam hal ini orangtua, sangat dibutuhkan untuk mengawal anak-anak mereka saat menjelajahi dunia maya. Namun sayang, para orangtua belum sepenuhnya menyadari bahaya yang mengancam anak-anak mereka di internet.

Pendiri lembaga non profit yang bergerak di bidang pendidikan, Yayasan Semai Jiwa Amini (Sejiwa), Diena Haryana, menyatakan masih bahwa banyak orangtua yang terkaget-kaget ketika mengetahui kompleksnya kasus kejahatan yang menyasar anak-anak. Tidak hanya kekerasan, tapi juga isu online lain seperti pornografi dan perdagangan anak.

“Kita tahu itu sejak mulai melakukan sosialisasi tahun ini, padahal informasi-informasi mengenai hal tersebut sudah ada sejak beberapa tahun belakangan,” tutur Diena dalam acara Konsultasi Publik – Perlindungan Anak di Dunia Maya, di kawasan Bogor, Dikutip dari liputan6.com [09/15].

Kurang sadarnya para orangtua, kata Diena, salah satunya disebabkan karena masih banyak orangtua yang belum mengenal dengan baik apa itu internet.

“Ini menjadi PR bersama, kita semua harus bekerjasama untuk memastikan anak-anak aman saat menggunakan internet,” sambungnya.

Senada dengan Diena, Direktur Eksekutif ICT Watch, Donny Budhi Utoyo, mengatakan bahwa tidak banyak orangtua yang benar-benar tahu apa saja aktivitas anak-anak mereka di internet. Bahkan berdasarkan survei yang dilakukan ICT Watch terhadap 160 orangtua di wilayah Tanggerang Selatan, 65 persen responden tidak berdiskusi denan anak tentang aktivitas berinternet.

Selain itu, sebesar 65 persen respon menyatakan bahwa sepengetahuan mereka yang dilakukan anak saat berinternet adalah untuk mengerjakan tugas sekolah, dan 64 persen responden mengaku tidak tahu apakah anak mereka bertemu dengan orang yang baru dikenal di internet. Bahkan, cukup banyak orangtua yang tidak membatasi waktu berinternet anak-anaknya.

“Padahal begitu anak masuk internet, ancaman yang mereka temui bukan hanya konten negatif, tapi juga ada bagian dalam lain seperti kecanduan, cyberbully dan predator online. Orangtua harus sadar itu,” ungkapnya.

 

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Jangan heran jika masyarakatnya sangat mudah diprovokasi, saling cela di sosial media, sibuk mencari dan menghina kekurangan orang lain dan tidak mau koreksi kekurangan dirinya.Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

10 Negara dengan Jaringan Internet 4G LTE Tercepat di Dunia Tahun 2016

10 Negara dengan Jaringan Internet 4G LTE Tercepat di Dunia Tahun 2016. SilahkanSHARE.com | Berdasarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *