Wednesday , 22 March 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Aneh dan Misteri ::: NASA Kuak Galaksi Paling Terang, 300 Triliun Kali Kilau Matahari

NASA Kuak Galaksi Paling Terang, 300 Triliun Kali Kilau Matahari

NASA Kuak Galaksi Paling Terang, 300 Triliun Kali Kilau Matahari.

SilahkanSHARE.com | Mungkin kebanyakan orang mengira matahari adalah sumber cahaya paling terang di dunia ini.

Namun perkiraan itu salah setelah satelit Wide-field Infrared Survey Explorer milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Menemukan galaksi yang sangat terang.

Terletak di belantara alam semesta yang belum terjamah manusia, dengan jarak 12,5 miliar tahun cahaya dari Bumi, terdapat sebuah galaksi yang sangat terang. Bahkan menjadi yang paling berkilau di alam semesta  setidaknya hingga saat ini.

Kilaunya lebih terang lebih dari 300 triliun Matahari. Galaksi itu disebut WISE J224607.57-052635.0.

NASA meyakini, penemuan tersebut akan mengubah pandangan kita selama ini tentang alam semesta.

“Kita sedang menyaksikan fase evolusi galaksi yang sangat intens,” demikian ungkap NASA dalam pernyataannya seperti dikutip dari News.com.au.

Tim astronom badan antariksa tersebut menduga, lubang hitam (black hole) raksasa yang ada di tengah galaksi bertanggung jawab atas fenomena aneh, kecemerlangan galaksi itu.

“Lubang hitam raksasa itu menarik gas dan materi ke dalam piringan di sekitar mereka. Akibatnya, memanaskan piringan tersebut hingga temperatur jutaan derajat,” demikian menurut NASA.

Material yang tersedot masuk ke spiral lubang hitam itu, mungkin memanas secara luar biasa, lalu melepas sejumlah besar cahaya yang terlihat ultraviolet maupun panjang gelombang sinar-X.

“Cahaya tersebut terhalangi kepulan debu di sekitarnya. Ketika debu tersebut memanas, ia kemudian memancarkan sinar inframerah.

Meski keberadaan lubang hitam pada inti galaksi bukanlah hal baru, namun, temuan seperti itu di belantara kosmos adalah jarang.

Karena cahaya dari galaksi tempat lubang hitam berada berjarak 12,5 miliar tahun cahaya, astronom seakan melihat objek tersebut seakan berada di masa lalu. “Lubang hitam ukurannya miliaran kali massa Matahari kita, saat alam semesta baru ada sepersepuluh dari usianya saat ini yang 13,8 miliar tahun,” kata NASA.

NASA kini sedang berusaha menentukan massa di pusat lubang hitam tersebut. “Mengetahui bahwa objek-objek tersebut akan mengungkap sejarah mereka, juga galaksi lain, hal tersebut adalah bagian yang penting sekaligus rumit terkait alam semesta.”

Temuan tersebut dieksplorasi secara detil dalam The Astrophysical Journal edisi Mei 2015. Pertanyaannya, mengapa sebuah lubang hitam bisa sebesar dan bergerak secepat itu?

Para penulis studi menduga, lubang hitam itu mungkin memang sebesar itu ketika dilahirkan.

“Seperti seekor gajah besar,” kata salah satu penulis studi Peter Eisenhardt dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di Pasadena, California, Amerika Serikat seperti dikutip dari SPACE.com. “Ia berawal dari bayi gajah.”

Namun, ada penjelasan lain. “Cara lainnya bagaimana sebuah black hole tumbuh sebesar itu adalah dengan cara terus-terusan ‘berpesta’, menelan materi dan gas di sekitarnya, lebih cepat dari apa yang dikira,” kata pemimpin studi, Chao-Wei Tsai, juga dari JPL.

WISE menemukan WISE J224607.57-052635.0 di antara 19  ‘galaksi inframerah yang sangat terang’ atau “extremely luminous infrared galaxies” (ELIRGs).

Cahaya yang kuat dari inti ELIRGs memanas sekitar awan debu, yang kemudian dipancarkan radiasi inframerah yang kemudian bisa dideteksi WISE.

Sumber: Liputan6.com

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet.

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Memiliki Air, Planet Ini Dijuluki “Waterworld”

Memiliki Air, Planet Ini Dijuluki “Waterworld”. SilahkanSHARE.com | GJ1214b, kelas planet baru yang ditemukan pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *