Monday , 27 March 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Lain-lain ::: Modifikasi Motor dan Mobil Bisa Kena Tilang, Penjara 1 Tahun, hingga Denda Rp 24 Juta?
Modifikasi Motor Terbaik
ilustrasi: cdn.klimg.com

Modifikasi Motor dan Mobil Bisa Kena Tilang, Penjara 1 Tahun, hingga Denda Rp 24 Juta?

Modifikasi Motor dan Mobil Bisa Kena Tilang, Penjara 1 Tahun, hingga Denda Rp 24 Juta?.

SilahkanSHARE.com | Untuk anda para pecinta otomotif khususnya yang suka modifikasi motor dan mobil, sepertinya anda perlu tahu informasi yang kurang anda suka ini.

Ya, karena berdasarkan Pasal 277 jo Pasal 316 ayat (2) UU No 22 tahun 2009, memodifikasi motor bisa mendapatkan sanksi dengan ancaman pidana penjara paling lama 1 tahun atau denda maksimal Rp 24 juta. Demikian sebagiamana dikutip dari Akun Resmi Facebook Humas Polda Metro Jaya [4/12/15].

Sejumlah pemilik kendaraan memodifikasi kendaraannya untuk lifestyle atau sekadar hobi. Namun perlu diingat, mengubah bentuk atau tampilan kendaraan dari asli ke wajah baru bisa kena denda tilang hingga Rp 24 juta.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan pihaknya merasa perlu mensosialisasikan aturan untuk modifikasi kendaraan kepada para pemilik kendaraan.

“Hasil pemantauan di lapangan ditemukan bahwa masih banyak dijumpai kendaraan modifikasi baik motor maupun mobil yang menyebabkan perubahan tipe secara tidak sah yang dapat digolongkan dalam tindak pidana pelanggaran,” jelas Budiyanto kepada detikcom, Jumat (4/12/2015).

Aturan tersebut tertuang dalam Pasal 277 jo Pasal 316 ayat (2) UU No 22 tahun 2009 dengan ancaman pidana penjara paling lama 1 tahun atau denda atau denda maksimal Rp 24 juta.

Budiyanto mengatakan, perubahan bentuk kendaraan atau memodifikasi boleh dilakukan tetapi harus dilakukan uji tipe untuk memperoleh sertifikat dari Kementerian Perhubungan.

Hal ini sesuai dengan Pasal 131 huruf e dan pasal 132 ayat (2) dan ayat 7 PP No 55 Tahun 2012 tentang kendaraan Jo Pasal 50 ayat (1) UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, bahwa kendaraan yang dimodifikasi sehingga menyebabkan perubahan tipe berupa dimensi, mesin dan kemampuan, daya angkut, wajib dilakukan uji tipe untuk memperoleh sertifikat.

“Uji tipe yang diterbitkan oleh Kementrian Perhubungan ini juga ada beberapa ketentuannya,” ujarnya.

Ketentuan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Modifikasi kendaraan bermotor hanya dapat dilakukan setelah mendapatkan rekomendasi dari APM (Agen Pemegang Merk) kendaraan tersebut.
  2. Modifikasi kendaraan bermotor wajib dilakukan oleh bengkel umum kendaraan bermotor yang ditunjuk oleh Kementrian Perindustrian.
  3. Kendaraan bermotor yang telah dimodifikasi wajib didaftarkan kepada Kesatuan Polri pelaksana registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor pada kantor Samsat untuk memperoleh STNK baru yang sesuai dengan perubahan kendaraan bermotor dimaksud.

“Kami berharap masyarakat paham dan mengerti bahwa memodifikasi kendaraan bermotor tanpa melalui mekanisme yang benar merupakan tindak pidana kejahatan,” cetusnya.

Ia katakan pihaknya akan menindak tegas pengguna jalan yang melanggar ketentuan tersebut sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet.

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

4 Hal yang Menghambat Kesuksesan Seseorang

4 Hal yang Menghambat Kesuksesan Seseorang. SilahkanSHARE.com | Beberapa orang pasti sudah melakukan segala cara …

One comment

  1. inspiratif. Yang ditunggu-tunggu kepastian hukumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *