Thursday , 25 May 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Aneh dan Misteri ::: Misteri Batu-batu Berbentuk Bola, di Kazakhstan
The Valley of Balls, Lembah Bola di Kazakhstan

Misteri Batu-batu Berbentuk Bola, di Kazakhstan

Misteri Batu-batu Berbentuk Bola, di Kazakhstan.

SilahkanSHARE.com | Kazakhstan punya fenomena yang misterius. Suatu lembah berisikan banyak batu berbentuk bulat bagaikan bola, dari seukuran kelereng sampai seukuran mobil.

Kazakhstan merupakan salah satu negara di Asia Tengah. Negara yang baru merdeka di tahun 1991, selepas pecah dari Uni Soviet. Kazakhstan berbatasan dengan China, Rusia dan Uzbekistan. Bicara soal destinasi wisata, Torysh alias The Valley of Balls yang artinya Lembah Bola adalah salah satu yang menarik di sana.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (24/6/2016) The Valley of Balls ada di lokasi terpencil bagian barat Kazakhstan, dengan kota terdekat adalah Shetpe. Kota Shetpe sendiri cukup jauh dari Astana, ibukota Kazakhstan.

Kalau mau ke Shetpe, harus naik pesawat dulu seperti Air Astana, Bek Air atau Scat Air ke Kota Aktau. barulah dari Aktau, naik mobil 3 jam lebih untuk tiba di Lembah Bola tersebut.

Sesuai namanya, terdapat banyak bola di lembah ini. Bola yang dimaksud, bukanlah bola dalam arti sebenarnya. Bukan bola sepak atau bola basket, melainkan batu-batu yang bundar dan mirip seperti bola!

Jumlahnya ada banyak, membentang di lembahnya yang tandus. Ukurannya pun beragam, ada yang seukuran kelereng yang kecil, ada yang seukuran bola sepak dan yang paling besar berbentuk bola seukuran mobil.

(Alexander Petrov/Silk Road Adventures)
                                    (Alexander Petrov/Silk Road Adventures)

Batu yang bundar dengan beragam ukuran, beberapa ada yang sudah retak dan hancur (Alexander Petrov/Silk Road Adventures)

Pertanyannya, mengapa batu-batu di sana bentuknya bundar dan seperti bola? Sayangnya, hingga saat ini belum ada jawaban memuaskan dari para peneliti geologi dan lainnya. Artinya, asal usul fenomena di The Valley of Balls masih jadi misteri!

Beberapa peneliti berpendapat, batu-batu bola itu adalah batuan sedimen dan terbentuk dari pelapukan. Namun proses pelapukannya, tentu sangat ‘istimewa’ sehingga batu-batunya bisa berbentuk bundar seperti bola. Ada juga yang beranggapan, batu-batu di sana terjadi akibat lempeng tektonik di bawah tanah dan menguak ke permukaan.

Diperkirakan, batu-batunya sudah ada sejak jutaan tahun lalu. Para peneliti sendiri, baru datang ke sana pada 200-an tahun lalu yang berasal dari Rusia. Sayangnya ya itu tadi, belum ada jawaban dan penjelasan memuaskan mengenai asal usul batu-batunya yang berbentuk bola.

(Alexander Petrov/Silk Road Adventures)
                                   (Alexander Petrov/Silk Road Adventures)

Belum jelas asal usul mengapa bebatuan di sana bentuknya bulat (Alexander Petrov/Silk Road Adventures)

Cukup culit mencari operator tur untuk datang ke Lembah Bola ini. Dari pencarian detikTravel, salah satu operator tur yang menawarkan paket wisata ke sana adalah Silk Road Adventures. Seharian penuh, turis akan diajak berkeliling lembahnya naik mobil dan melihat batu-batu bola yang unik dari dekat. Bisa dipegang!

Sebenarnya, fenomena batu-batu berbentuk bola atau bundar bukan hanya di Kazakhstan saja. Di negara-negara lain pun ada seperti di Pulau Paskah, Kosta Rika dan Australia yang mana asal usul bebatuannya juga masih jadi misteri.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet.

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Demi Gerhana Matahari Sepasang Suami Istri Rela, Menempuh Perjalanan Lebih dari Separuh Dunia

Demi Gerhana Matahari Sepasang Suami Istri Rela, Menempuh Perjalanan Lebih dari Separuh Dunia. SilahkanSHARE.com | …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *