Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Internasional ::: Miris! Indonesia Penyumbang Polusi Plastik Terbesar Ke-2 di Dunia

Miris! Indonesia Penyumbang Polusi Plastik Terbesar Ke-2 di Dunia

Miris! Indonesia Penyumbang Polusi Plastik Terbesar Ke-2 di Dunia.

SilahkanSHARE.com | Meski keindahan laut Indonesia terkenal ke penjuru dunia, namun ternyata prestasi negara maritim ini akan keamanan laut masih dipertanyakan. Laman Science mempublikasikan sebuah hasil riset yang dilakukan oleh lembaga Motherjones.com mengenai penyumbang polusi laut terbesar di dunia. Hasilnya, Indonesia menempati posisi kedua setelah Tiongkok.

Polusi plastik di lautan kini memasuki taraf yang menguatirkan. Tahun 2010, sebuah riset menemukan bahwa polusi plastik di lautan kini beratnya mencapai 4,8 dan 12,7 juta metrik ton (Sekitar 21 miliar hingga 56 miliar kilogram). Jumlah tersebut sekitar 1,3 kali dari berat Piramida Agung di Giza.

Penelitian yang dipimpin oleh Jenna Jambeck, seorang insinyur lingkungan dari University of Georgia mengemukakan bahwa penelitian ini menggabungkan data generasi per kapita limbah masing-masing negara, ukuran populasi tinggal dalam radius 50 kilometer dari laut, persentase sampah plastik harian, dan persentase sampah plastik yang dibuang.

Hasilnya, negara Tiongkok menghasilkan sampah yang dibuang ke laut sebanyak hampir 5 miliar pon atau 10 miliar kilogram. Sementara Indonesia, yang menempati posisi kedua, diperkirakan menghasilkan sampah plastik yang dibuang ke laut sebanyak hampir 2 miliar pon atau 4 miliar kilogram.

Dilansir dar Business Mirror dan liputan6.com [16/01/16].

plastic-ranking_1

Mengemukakan bahwa penelitian ini mengungkapkan tak hanya keindahan laut dan populasinya saja yang akan punah akibat polusi sampah plastik ini. Penelitian ini dipublikasikan untuk mendorong kesadaran masyarakat dalam meminimalisir penggunaan barang plastik dan bahan plastik, juga membuang sampah plastik yang sulit didaur ulang.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Terlalu banyak informasi NEGATIF beredar di internet, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan inspirasi dan memotivasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan, serta kebaikan untuk pembacanya. Saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya! Anda setuju dengan KAMI, Silahkan bantu LIKE dan SHARE!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

10 Negara dengan Jaringan Internet 4G LTE Tercepat di Dunia Tahun 2016

10 Negara dengan Jaringan Internet 4G LTE Tercepat di Dunia Tahun 2016. SilahkanSHARE.com | Berdasarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *