Saturday , 29 April 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Tempat Wisata ::: Mengenal Gurun Pasir yang Bisa ‘Bernyanyi’ di Kazakhstan
detikTravel, Foto: Gurun pasir di Kazakhstan yang bisa 'bernyanyi' (Olzhas Auyezov/Reuters)

Mengenal Gurun Pasir yang Bisa ‘Bernyanyi’ di Kazakhstan

Mengenal Gurun Pasir yang Bisa ‘Bernyanyi’ di Kazakhstan.

SilahkanSHARE.com | Bagi kalian yang liburan ke Kazahstan bisa melihat suguhan alam istimewa. Ada gurun pasir yang bisa ‘bernyanyi’, inilah pasir berbisik sungguhan ala Kazakhstan.

Ya, Anda tidak sedang salah baca. Kazakhstan yang terletak di Asia Tengah ini memang masih menyimpan banyak destinasi yang jarang diketahui wisatawan. Salah satunya yang menarik adalah gurun pasir ‘Singing Dune’ ini.

Dilansir detikTravel dari Reuters Jumat (2/9/2016), gurun pasir Altyn Emel ini terletak di sebelah tenggara Kazakhstan. Lokasinya berada di antara pegunungan Tian Shan di dekat perbatasan dengan China. Sebenarnya, gurun pasir ini memiliki penampakan seperti gurun pada umumnya.

Namun siapa sangka, gurun pasir setinggi 150 meter dan panjang hingga 3 kilometer ini, ternyata bisa mengeluarkan bunyi-bunyian misterius. Bagai alat musik organ, suaranya menggema saat di musim panas tiba.

Usut punya usut, bunyi yang dihasilkan oleh gurun pasir ini ternyata berasal dari gesekan yang terjadi antar butiran-butiran pasir yang ada di sana. Mereka bisa bergesekan karena tertiup hembusan angin yang cukup kencang di kawasan gurun tersebut.

Dahulu, sebelum ahli fisika menemukan penyebab fenomena gurun ‘bernyanyi’ ini sempat beredar mitos yang dipercayai oleh masyarakat Kazkhstan. Mitos itu menyatakan bahwa di Gurun Altyn Emel ini terkubur jasad Genghis Khan, penakluk dari Mongolia yang sangat termasyhur itu.

Pasirnya bisa mengeluarkan suara (Olzhas Auyezov/Reuters)
                   Pasirnya bisa mengeluarkan suara (Olzhas Auyezov/Reuters)

 

 

Namun mengenai kebenaran mitos tersebut, tidak ada satu orang pun yang bisa membuktikannnya. Cerita itu hanya jadi legenda yang diceritakan di kalangan warga lokal Kazakhstan saja.

Gurun pasir yang bisa mengeluarkan suara ini terletak di dalam kawasan Taman Nasional Altyn Emel. Taman nasional ini memiliki luasan sekitar 4.600 Km persegi. Letaknya sekitar 180 kilometer dari Kota Almaty, salah satu kawasan komersial di Kazakhstan.

Selain punya gurun pasir yang bisa bernyanyi, di Taman Nasional Altynemel ini juga punya suguhan pemandangan alam yang spektakuler. Bentang alam pegunungan berbatu serta ngarai cadas yang ditinggali satwa-satwa liar itu tak kalah menarik untuk dilihat.

Selain itu, traveler juga bisa melihat situs pemakaman milik Suku Saka, suku nomaden kuno yang tinggal di kawasan ini. Tak jauh dari Altynemel, traveler juga bisa menyaksikan panorama Taman Nasional Charyn yang berisi ngarai-ngarai sepanjang 154 Km, mirip dengan Grand Canyon di AS.

Situs pemakaman kuno Suku Saka di Altynemel (Olzhas Auyezov/Reuters)
    Situs pemakaman kuno Suku Saka di Altynemel (Olzhas Auyezov/Reuters)

 

 

Tentu saja, gurun pasir ‘bernyanyi’ ini jadi atraksi utama yang diburu wisatawan bila datang ke Taman Nasional Altyn-Emel di Kazakhstan. Di gurun pasir ini, traveler bisa membuktikan bahwa Pasir Berbisik itu sungguhan ada!

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet.

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Destinasi Berlibur ke Pantai Suwuk Kebumen, Jawa Tengah

Destinasi Berlibur ke Pantai Suwuk Kebumen, Jawa Tengah. SilahkanSHARE.com | Sudah memasuki waktu akhir pekan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *