Thursday , 30 March 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Internasional ::: Menengok Teleskop Terbesar di Dunia, Setara dengan 30 Lapangan Sepakbola
Bentuk akhir dari teleskop FAST yang sudah mulai beroperasi (sumber: gbtimes.com)

Menengok Teleskop Terbesar di Dunia, Setara dengan 30 Lapangan Sepakbola

Menengok Teleskop Terbesar di Dunia,  Setara dengan 30 Lapangan Sepakbola.

SilahkanSHARE.com | Pemerintah Tiongkok akhirnya resmi mengaktifkan teleskop radio terbesar di dunia pada Minggu (6/16) waktu setempat dan akan memulai tahap uji coba selama tiga tahun.

Teleskop radio bernama Five-Hundred-meter Aperture Spherical Telescope (FAST) ini berukuran 5.000 meter dan dibuat dengan misi untuk menjelajah luar angkasa termasuk mencari kemungkinan kehidupan di dalamnya.

FAST berdiri di daerah pegunungan di provinsi Guizhou, Tiongkok. Menurut media setempat, proyek ini akhirnya resmi aktif mulai lima tahun lalu usai sebelumnya pertama kali diajukan astronom Tiongkok pada 1994.

Mengutip Liputan6.com dari CNBC, Rabu [28/9/16]. FAST digambarkan sebagai teleskop yang memiliki telinga supersensitif untuk mendeteksi pesan yang amat lemah.

Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan, teleskop ini mampu mendeteksi gelombang elektromagnetik berkualitas tinggi yang dikirim dari pulsar berjarak 1.351 tahun cahaya dari Bumi. Teleskop ini diklaim memiliki ukuran setara dengan 30 lapangan sepakbola dan dibuat dari 4.450 panel.

Untuk mengembangkan teleskop ini, pemerintah Tiongkok telah merelokasi 8 ribu penduduk yang hidup di wilayah tersebut.

Sebagai informasi, Tiongkok memang tengah serius menggarap proyek luar angkasanya. Tiongkok sebelumnya mengungkapkan telah merancang desain final pesawat luar angkasa (rover) yang akan diterbangkan ke Mars.

Pembangunan teleskop radio terbesar, FAST, di Tiongkok (sumber: internationalbusinesstimes.com)
Pembangunan teleskop radio terbesar, FAST, di Tiongkok (sumber: internationalbusinesstimes.com)

Rover itu direncanakan akan mendarat di Planet Merah pada 2020 mendatang. Nantinya, rover itu akan ditugaskan untuk mengumpulkan data terkait tanah dan atmosfer Mars, termasuk tanda-tanda kehidupan di dalamnya.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet.

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Jarang Kita Sadari, Inilah Kondisi Mengerikan dari Bumi yang Kita Pijak

Jarang Kita Sadari, Inilah Kondisi Mengerikan dari Bumi yang Kita Pijak. SilahkanSHARE.com | Tidak ada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *