Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Kesehatan ::: Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan

Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan

Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan.

SilahkanSHARE.com | Mandi air hangat tak melulu hanya bisa dilakukan ketika tubuh sedang tidak terlalu fit. Dalam kondisi badan yang prima, jika Anda hendak mandi dengan air hangat pun boleh-boleh saja.

Sebab, ada manfaat kesehatan yang bisa didapat ketika Anda mandi dengan air hangat, seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber berikut ini:

#1. Membantu agar tidur lebih pulas

Prof Kevin Morgan dari Clinical Sleep Research Unit, Loughborough University, mengatakan mandi menggunakan air hangat bisa bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Sebab, mandi air hangat bisa membuka pori-pori sehingga keringat akan lebih mudah keluar dari tubuh.

Dengan keringat yang banyak keluar dari tubuh, akan membuat suhu tubuh turun dan menambah kenyamanan tidur, demikian dikatakan Prof Morgan.

#2. Membantu meredakan sakit kepala

Pada prinsipnya, stimulasi air hangat bisa melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah lebih lancar. Ketika mandi dengan air hangat, tekanan di pembuluh darah di area kepala berkurang sehingga nantinya sakit kepala juga bisa berkurang. Tak hanya sekadar mandi, merendam kaki dengan air hangat pun bisa membantu meredakan sakit kepala bahkan migrain.

dr Muhammad Rhadian Arief, SpBS dari RS Medistra mengatakan ketika merendam kaki dengan suhu ekstrem, baik dingin atau panas diharapkan bisa meredakan migrain, dr Andra berpendapat cara tersebut lebih condong sebagai bentuk pengalihan rasa nyeri. Dengan kaki dirangsang suhu ekstrem, seluruh tubuh akan merasa sensasi kedinginan atau agak kepanasan dan memang bisa mengalihkan rasa nyeri yang dialami.

“Umumnya memang kalau kaki direndam air hangat untuk melebarkan pembuluh darah di kaki dan diharapkan aliran darah lebih lancar, lalu aliran darah ke jantung meningkat sehingga jantung punya volume yang cukup untuk mengirim darah ke otak,” tuturnya.

#3. Memperlancar aliran darah

Ketika mandi dengan air hangat apalagi berendam di bathup, secara otomatis jantung akan bekerja lebih cepat karena pembuluh darah yang melebar dan aliran darah yang lebih kencang. Dengan begitu, pasokan darah dari jantung yang dialirkan ke seluruh tubuh pun lebih banyak.

#4. Membersihkan kulit

Mandi dengan air bersuhu hangat, bukan panas, bisa membuka pori-pori kulit terutama pada wajah. Sehingga, penggunaan air hangat yang bersih juga dapat membantu menyingkirkan kotoran di pori-pori kulit dan Anda bisa merasa segar kembali setelahnya.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Terlalu banyak informasi NEGATIF beredar di internet, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan inspirasi dan memotivasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan, serta kebaikan untuk pembacanya. Saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya! Anda setuju dengan KAMI, Silahkan bantu LIKE dan SHARE!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Nasi Putih Lebih Berisiko Sebabkan Diabetes Ketimbang Minuman Manis?

Nasi Putih Lebih Berisiko Sebabkan Diabetes Ketimbang Minuman Manis? SilahkanSHARE.com | Otoritas kesehatan di Singapura …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *