Tuesday , 30 May 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Kesehatan ::: Lima Langkah Mencegah Anak Kecanduan “Smartphone”

Lima Langkah Mencegah Anak Kecanduan “Smartphone”

Lima Langkah Mencegah Anak Kecanduan “Smartphone”.

SilahkanSHARE.com | Tak dimungkiri, teknologi abad 21 telah berkembang sangat pesat dibandingkan abad sebelumnya. Yang pasti banyak anak yang kerap menghabiskan banyak waktu di depan layar baik layar smartphone maupun televisi.

Tidak hanya mengganggu perkembangan otaknya, kebiasaan buruk ini dapat mengganggu kesehatannya.

Malas bergerak akan membuat si kecil mudah sakit. Untuk itu, para orangtua perlu mencegah atau membatasi penggunaan smartphone terhadap anak-anaknya. Berikut dikutip dari kompas.com, langkah yang dapat dilakukan orangtua untuk mencegah anak kecanduan gadget (smartphone).

#1. Menyiapkan Jadwal Rutin

Anak adalah sosok yang mudah untuk melakukan sebuah kebiasaan. Maka, orangtua harus menghentikan kebiasaan anak dengan kebiasaan baru.

Meskipun membutuhkan waktu, kondisi ini akan membantu si kecil tidak ketergantungan pada perangkat elektronik. Misalnya setelah selesai sarapan, biasakan meluangkan waktu untuk bermain di luar ruangan.

Kebiasaan rutin ini akan membuatnya terbiasa melakukan aktivitas fisik dibanding melihat gadget saja.

#2. Jangan Fokus pada Kegiatan Olahraga Saja

Melakukan kegiatan fisik tidak hanya seputar olahraga. Jika Anda terlalu memaksa si kecil melakukan olahraga, ini justru akan membuat si kecil menganggap olahraga jadi tugas yang membebani mereka.

Anda bisa melakukan kegiatan sederhana di luar rumah dua hingga tiga kali sehari. Saat keluar rumah dorong si kecil untuk berjalan, melompat, bermain bola, naik sepeda dan aneka kegiatan fisik lainnya.

#3. Memberinya Pilihan

Untuk menarik perhatiannya agar si kecil bergerak, Anda bisa melibatkan si kecil untuk memilih kegiatan fisik apa yang ingin dilakukannya. Ada berbagai ide kreatif yang bisa Anda lakukan untuk si kecil, seperti mencari serangga atau bermain petak umpet. Hal yang lebih penting yakni membiarkan si kecil mendapatkan udara segar dan bergerak.

#4. Jangan berikan iming-iming hadiah

Olahraga bukanlah sesuatu tugas yang perlu diwajibkan secara paksa. Si kecil harus dibiasakan olahraga hingga akhirnya ia melakukan olahraga dengan sendirinya.

Jangan terlalu sering memberikan imbalan hadiah kepada anak untuk melakukan sebuah aktivitas.

Berikan waktu olahraga yang menyenangkan seperti menggantinya dengan waktu bermain. Hal ini akan menimbulkan motivasi dalam diri mereka, sehingga Anda tak perlu memancingnya dengan hadiah.

#5. Jangan Memaksa dengan Waktu Tertentu

Untuk mencegah anak kecanduan gadget, jangan memaksa anak untuk melakukan aktivitas fisik dengan waktu tertentu. Hindari mengatur jam tertentu.

Biarkan ia memilih waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas fisik. Selain itu, Anda juga perlu memikirkan kemampuan fisik yang dimiliki si kecil.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet.

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

10 Perilaku Anak yang Menunjukkan Gejala Gangguan Mental

10 Perilaku Anak yang Menunjukkan Gejala Gangguan Mental. SilahkanSHARE.com | Sebagai orangtua, tentu sering mengkhawatirkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *