Tuesday , 27 June 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Tempat Wisata ::: Kisah Unik Masjid Sultan Singapura, yang Kubahnya Terdapat Ribuan Botol Kecap

Kisah Unik Masjid Sultan Singapura, yang Kubahnya Terdapat Ribuan Botol Kecap

Kisah Unik Masjid Sultan Singapura, yang Kubahnya Terdapat Ribuan Botol Kecap.

SilahkanSHARE.com | Di balik megahnya Masjid Sultan di Singapura, terselip sebuah kisah unik. Di bagian kubahnya, terdapat ratusan botol kecap yang merupakan sumbangan rakyat kecil.

Bagi masyarakat Muslim di Singapura, Masjid Sultan yang terletak di Kampung Glam menjadi rumah ibadah sekaligus bagian penting dalam komunitas Islam sekitar. Uniknya, masjid itu juga menjadi saksi bisu dari andil masyarakat Muslim Singapura.

Hal itu pun diceritakan oleh Augustar (pemandu), yang merupakan penduduk asli Singapura. Bapaknya yang merupakan orang Padang membuatnya fasih berbicara bahasa Indonesia sekaligus budaya Islam.

“Sejarahnya Masjid Sultan itu dibangun oleh Sultan, tapi dananya dibantu oleh Pemerintah Inggris waktu itu,” ujar Augustar di depan Masjid Sultan, Minggu (12/6/2016).

Dilanjutkan oleh Augustar, masjid tersebut berlokasi tepat di depan Istana Sultan dan memegang peranan vital bagi masyarakat Muslim Singapura. Masjid tersebut juga disebut sebagai Masjid Raya-nya Singapura.

Namun ternyata, ada kisah unik di balik pembangunan masjid tersebut. Selain para saudagar kaya dan Sultan, ternyata masyarakat kecil yang miskin secara ekonomi juga ingin ikut andil dalam proses pembangunannya.

Tapi karena tidak memiliki uang, para rakyat kecil yang ingin membantu pembangunan masjid memberikan botol kaca bekas kecap untuk disumbangkan. Jumlahnya pun mungkin mencapai ribuan buah.

Dikutip dari detik.com. “Jadi dulu tidak cuma orang kaya saja yang menyumbang, tapi juga orang kecil. Tapi karena tidak punya uang, mereka cuma sanggup menyumbang botol kecap. Itu yang hitam-hitam di atas botol kecap itu,” terang Augustar.

075153_botolcover

Setelah saya perhatikan dengan seksama, ternyata tampak ratusan pantat botol yang disusun melingkar di bagian bawah kubah masjid yang berwarna emas. Saya pun tidak menyadarinya apabila tidak diberi tahu oleh Augustar.

Tentu hal itu dapat menjadi contoh bagi traveler. Bahwa sejatinya tidak dibutuhkan biaya mahal untuk berbuat kebaikan. Bahkan hal sederhana seperti botol kecap saja dapat menjadi kebaikan apabila diiringi dengan niat yang baik seperti membangun masjid.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Jangan heran jika masyarakatnya sangat mudah diprovokasi, saling cela di sosial media, sibuk mencari dan menghina kekurangan orang lain dan tidak mau koreksi kekurangan dirinya.Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Susu Kecoa Ternyata Kaya Suplemen Protein yang Menyehatkan

Susu Kecoa Ternyata Kaya Suplemen Protein yang Menyehatkan. SilahkanSHARE.com | Minuman seperti susu sapi, susu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *