Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Ekonomi ::: Jika Ingin Membangun Revolusi Mental, Semua Website Pemerintah Harusnya GRATIS!

Jika Ingin Membangun Revolusi Mental, Semua Website Pemerintah Harusnya GRATIS!

Jika Memang Ingin Sungguh-sungguh Membangun Revolusi Mental, Semua Website Milik Pemerintah Harusnya GRATIS!

SilahkanSHARE.com | Revolusi Mental | Saya termasuk gregetan ketika mendengar dan membaca jika ternyata website revolusi mental dikabarkan membutuhkan dana hingga Rp 20 juta. Apalagi sebelumnya sempat dikabarkan mencapai Rp 140 miliar.

Sebagai seorang yang memiliki dan mengelola puluhan web/blog, saya jadi ingin ikut berbicara disini sebatas kritik dan saran saja.

Namun dalam tulisan ini saya tidak hanya ingin berbicara dan terfokus pada website revolusi mental saja, namun secara keseluruhan terkait dengan website-website yang dikelola dan dimiliki oleh pemerintah.

Saya ingin memberikan kritik dan saran serta solusi bahwa sebenarnya, jika memang Jokowi dan menteri-menterinya memang ingin membangun dan menciptakan REVOLUSI MENTAL di negeri ini, JANGAN SETENGAH-SETENGAH! apalagi hanya untuk tujuan Pencitraan saja.

Nah, jika memang sudah sepakat ingin menciptakan Revolusi Mental dengan tidak setengah-setengah, berikut inilah yang harusnya pemerintahan Jokowi dan menterinya lakukan.

Perlu DICATAT bahwa dalam tulisan ini saya ingin fokus dalam hal Rvolusi Mental terkait dengan cara pengelolaan pembuatan website yang dikelola oleh pemerintah secara GRATIS!

Emang bisa? Bisa!

Berikut ini cara-caranya agar supaya dalam proses pembuatan website-website milik pemerintah bisa MENGHEMAT ANGGARAN UANG RAKYAT.

# Mental dan Cara BERFIKIR Menteri dan Pejabat HARUS DIUBAH!

Karena kita sedang bicara terkait dengan Revolusi Mental, maka sebelum para menteri dan pejabat negara ingin meRevolusi Mental rakyat, maka Para Menteri dan Pejabat terkait WAJIB MEMASTIKAN JIKA DIRI MEREKA Sudah MELAKUKAN REVOLUSI MENTAL terhadap DIRI MEREKA SENDIRI!

Soal hal ini tidak perlu dibahas panjang lebar. Karena saya yakin semua sudah faham ketika mendengar pepatah, “Jika ingin membersihkan lantai, maka Sapu yang digunakan harus DIPASTIKAN bersih terlebih dahulu”.

Lantas Revolusi Mental yang seperti apa yang harus DIUBAH oleh para menteri dan pejabat tinggi tersebut?

Revolusi Mental yang harus Diubah oleh mereka yaitu terkait dengan, Jika selama ini dalam setiap membuat “PROGRAM” yang langsung muncul dipikiran mereka adalah “PROYEK” dan ketika bicara PROYEK sama dengan UANG, maka hal inilah yang harus DIUBAH MENTAL mereka.

Demikian juga terkait dalam pembuatan website milik pemerintah, termasuk website revolusimental.go.id yang langsung dibuatkan anggaran hingga Rp 20 juta.

Jika memang pemerintah ingin membangun Revolusi Mental, harusnya yang harus mereka fikirkan itu begini, “Kita kan mau menciptakan dan membangun Revolusi Mental di negeri ini, jadi adakah solusi agar supaya dalam membuat website pemerintah [termasuk revolusimental.go.id ] agar dibuat dengan biaya MURAH dan GRATIS? Karena uang tersebut kan uang rakyat, jadi kita memang harus HEMAT, karena ingat tujuan kita adalah Membangun Revolusi Mental. Jadi kita harus membuat Revolusi Mental di lingkungan internal kita terlebih dahulu sebelum mengajak rakyat” .

Nah, Jika para menteri dan pejabat negeri ini sudah berfikir seperti diatas, lantas bagaimana caranya agar proses pembuatan website milik pemerintah bisa GRATIS?

Untuk solusinya, silahkan anda lanjut baca solusinya pada point kedua berikut,

#2. Rekrutlah PNS/STAFF yang AHLI dan Profesional DIBIDANG WEBSITE

Saya pikir membaca point kedua yang saya sebut diatas, anda sudah langsung FAHAM dan MENGERTI kan maksud saya? 🙂

Jika belum, akan saya jelaskan sekaligus menjawab pertanyaan atas penjelasan terakhir pada point pertama diatas terkait dengan, bagaimana caranya agar proses pembuatan website milik pemerintah bisa GRATIS?

Sebelum menjawab, saya ingin bercerita pengalaman saya yang ini sebenernya sekaligus bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Selama ini saya sudah beberapa kali diminta untuk membuatkan website milik swasta maupun milik instansi yang berstatus negari.

Pertanyaanya, Jika Instansi atau Lembaga tersebut memiliki STAFF/PNS yang mampu mengerjakan apa yang saya KERJAKAN, BUKANKAH itu ARTINYA, Instansi atau lembaga negeri tersebut TIDAK PERLU KELUARKAN BIAYA untuk MEMBAYAR SAYA [Pihak KETIGA] ?

Sampai sini sudah faham kan?

Seandainya saja, semua PNS atau Staff yang dimiliki oleh Instansi maupun Lembaga milik negara memiliki Staff yang AHLI dan PROFESIONAL dalam PEMBUATAN WEBSITE, tentunya mereka tidak perlu BAYAR Staf tersebut setiap kali lembaga atau instansi negara tersebut ingin MEMBUAT WEBSITE.

Jika saja pihak Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) memiliki PNS/STAFF yang ahli membuat Website, maka pembuatan website revolusimental.go.id harusnya GRATIS!

Terkait dengan pembelian hosting dan domain, untuk yang satu ini sebenarnya sangat “MEMALUKAN” jika sekelah website pemerintah kok membeli domain dan hosting ke pihak lain. Seharusnya negara memiliki sendiri melalui kementrian terkait, dalam hal ini misalnya KomInfo.

Tapi yaitulah, dalam perekrutan PNS/Staff di negeri ini lebih sering hanya ujian tertulis saja dan tentunya itu sangat NORMATIF, sehingga wajar saja lagi-lagi untuk mengerjakan yang seharusnya TUGAS MEREKA, akhirnya juga DILEMPAR KEPADA PIHAK KETIGA.

Yang lebih parah lagi, sebenarnya mungkin saja instansi atau lembaga tersebut sudah memiliki PNS/Staff Ahli yang bisa untuk mengerjakan pembuatan website tersebut, NAMUN karena MENTAL PROYEK dan CARI UNTUNG, maka tetap saja dilempar ke PIHAK KETIGA!

Nah, dari uraian saya tersebut diatas. saya pikir sudah bisa menjawab bahwa, Jika memang Ingin Membangun Revolusi Mental di negeri ini, Semua Website Milik Pemerintah Harusnya bisa GRATIS!

TAPI SAYA SANGAT PESIMIS, karena selama kedua point diatas tidak terpenuhi, maka SELAMANYA Revolusi Mental hanyalah BUALAN dan MIMPI SEMATA! Apalagi jika melihat kinerja birokrasi yang memang belum begitu terlihat kinerjanya. Semoga saja revolusi mental ini benar-benar terlaksana dan tidak hanya sebatas pencitraan semata.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Terlalu banyak informasi NEGATIF beredar di internet, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan inspirasi dan memotivasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan, serta kebaikan untuk pembacanya. Saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya! Anda setuju dengan KAMI, Silahkan bantu LIKE dan SHARE!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Alisa Shevchenko, Hacker Cantik dari Rusia yang Paling Ditakuti Amerika!

Alisa Shevchenko, Hacker Cantik dari Rusia yang Paling Ditakuti Amerika! SilahkanSHARE | Beberapa tahun lalu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *