Friday , 21 April 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Lain-lain ::: Ini 6 Pekerjaan paling cocok untuk si gila baca

Ini 6 Pekerjaan paling cocok untuk si gila baca

Ini 6 Pekerjaan paling cocok untuk si gila baca.

SilahkanSHARE.com | Mengaku bookworm alias kutu buku? Hobi yang satu ini sekarang sudah tak lagi dipandang sebagai aktivitas orang-orang kuper. Pasalnya saat ini semakin banyak orang yang menyadari pentingnya membaca.
Sebagai seorang pecinta buku, kamu pasti pernah bermimpi hobimu itu bisa menjadi profesi. Siapa yang tidak ingin melakukan hal yang paling disukai setiap hari dan dibayar?

Dikutip dari merdeka.com Menjadikan hobi membaca sebagai bagian dari pekerjaan itu bukan hal yang mustahil, kok. Berikut ini beberapa pekerjaan yang paling cocok untuk para penggila bacaan.

1. Editor

Ini jelas pekerjaan impian setiap pecinta buku. Dengan menjadi editor, kamu berkesempatan untuk membaca setiap hari. Kamu akan senantiasa dibanjiri informasi terbaru dan ilmu pengetahuan. Yang paling menyenangkan, kamu memegang posisi kunci dalam memastikan sebuah tulisan layak terbit atau tidak.

Kamu bisa menekuni profesi editor di perusahaan penerbitan atau redaksi media. Pekerjaannya bukan cuma menyeleksi dan mengedit tulisan. Seorang editor juga bertanggungjawab terhadap tulisan sampai terbit dan sampai di tangan pembaca.

2. Jurnalis

Siapa bilang tugas jurnalis cuma melakukan reportase dan menulis berita? Seorang jurnalis juga dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas agar bisa membuat tulisan yang bermutu.

Riset dan analisis merupakan senjata seorang jurnalis sebelum mengangkat sebuah perisitiwa yang memiliki nilai berita. Sumbernya tentu saja buku, jurnal, dan berita-berita lain. Dengan cara ini, mereka bisa menemukan sisi lain yang belum terkupas dari sebuah cerita.

3. Pustakawan

Buat kamu yang benar-benar cinta buku, pustakawan adalah pekerjaan yang paling cocok buatmu. Seorang pustakawan nggak cuma bertugas menjaga dan mendata buku-buku berdebu di perpustakaan sekolah atau kota. Karena perpustakaan dewasa ini merupakan pusat data dan ilmu pengetahuan berbasis teknologi informasi, banyak perusahaan besar dan instansi pemerintah yang membutuhkan tenaga pustakawan profesional untuk mengelola informasi-informasi penting.

Kamu bisa mengasah keahlianmu sebagai pustakawan sejak dini dengan mempelajari ilmu perpustakaan di bangku kuliah. Di sini kamu akan mempelajari manajemen perpustakaan, pengaplikasian teknologi dan informasi, serta pengembangan perpustakaan.

4. Resensor buku

Siapa bilang menjadi reviewer atau resensor buku tidak bisa menghasilkan uang? Sejumlah penerbit biasanya meminta bantuan tenaga pembaca profesional untuk mengulas buku-buku terbitan mereka.

Selain itu media massa juga biasa membuat kolom resensi yang terbuka untuk umum. Resensi yang terpilih untuk ditayangkan akan mendapat honor. Kamu cukup rajin-rajin mengirimkan resensi ke media yang bersangkutan atau bergabung dengan komunitas pembaca profesional untuk mendapatkan akses ke penerbit-penerbit besar.

5. Proofreader

Apa itu proofreader? Banyak yang mencampuradukkan tugas seorang proofreader dengan editor. Ada dua perbedaan penting yang membedakan deskripsi pekerjaan seorang editor dan proofreader. Seorang editor bertugas menyeleksi tulisan dan bertanggungjawab terhadap isi tulisan tersebut. Sementara proofreader lebih banyak menangani tata bahasa, punktuasi, pengejaan, dan struktur kalimat yang digunakan dalam sebuah tulisan.

Buat kamu yang sangat peduli dengan tata bahasa dan sering merasa terganggu kalau menemukan typo saat membaca, pekerjaan ini sangat sesuai buat kamu.

6. Penulis

Penulis juga perlu mengembangkan kebiasaan suka membaca. Apalagi kalau pekerjaan utama kamu adalah content writer yang bertugas menyadur dan menulis ulang berita. Mau tidak mau, kamu pasti harus banyak membaca agar bisa mendapatkan sumber berita yang menarik dan menuliskannya kembali tanpa mengubah isi berita aslinya.

Bahkan kalau yang kamu tulis adalah fiksi, kamu tetap butuh membaca banyak sumber literatur agar cerita yang kamu buat tidak monoton dan semakin kaya.

Itulah beberapa pekerjaan paling sesuai buat pecinta bacaan yang bisa kamu jadikan referensi pekerjaan di masa depan.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet.

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Buat Para Bikers! Mulai Mei 2016 SIM C Tidak Berlaku untuk Semua Motor

Buat Para Bikers! Mulai Mei 2016 SIM C Tidak Berlaku untuk Semua Motor. SilahkanSHARE.com | …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *