Sunday , 23 July 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Fenomena Alam ::: Fenomena Unik, Penampakan 3 Matahari di Rusia

Fenomena Unik, Penampakan 3 Matahari di Rusia

Fenomena Unik, Penampakan 3 Matahari di Rusia.

SilahkanSHARE.com | Sebuah fenomena alam unik memicu penampakan 3 ‘matahari’ ketika dipandang dari suatu kota di Rusia. Seorang warga kemudian merekam penampakan langka tersebut.

Disimak dari video Newsflare pada Jumat [18/3/16], warga kota Kazan di Rusia merekam fenomena langka tersebut pada pertengahan bulan Januari lalu.

Penjelasan video menyebutkan bahwa fenomena unik itu langka dan hanya bisa terjadi pada musim dingin ketika kristal-kristal es berada di atmosfer.

Tidak seperti gerhana matahari, fenomena 3 matahari ini tidak bisa diramalkan. Namun demikian, penampakan itu bisa terjadi beberapa kali selama musim dingin.

Sementara itu, dikutip dari laman University of Illinois, terdapat penjelasan tentang matahari ‘palsu’ ini, yang kerap dikenal dengan istilah parhelia.

Parhelia adalah titik berwarna cerah, baik di satu sisi ataupun dua sisi matahari. Parhelia terjadi ketika sinar matahari dibelokkan oleh kristal-kristal es gepeng bersegi enam (heksagonal) mendatar yang berukuran lebih dari 30 mikrometer.

Matahari ‘palsu’ ini terlihat ketika matahari berada di dekat ufuk dan pada bidang mendatar yang sama dengan seorang pengamat serta kristal-kristal es di atmosfer.

Ketika sinar matahari melintasi kristal es, cahaya itu dibelokkan 22 derajat sebelum tiba di mata kita, sehingga seakan terlihat ada matahari ‘lain’.

unik

Berbeda dengan pendar ‘halo’ pada matahari, cahaya matahari pada fenomena ‘halo’ dibelokkan 22 derajat oleh kristal-kristal es yang tidak seluruhnya dalam posisi mendatar (horizontal).

Sumber: Liputan6.com

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Jangan heran jika masyarakatnya sangat mudah diprovokasi, saling cela di sosial media, sibuk mencari dan menghina kekurangan orang lain dan tidak mau koreksi kekurangan dirinya.Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Kisah Unik Masjid Sultan Singapura, yang Kubahnya Terdapat Ribuan Botol Kecap

Kisah Unik Masjid Sultan Singapura, yang Kubahnya Terdapat Ribuan Botol Kecap. SilahkanSHARE.com | Di balik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *