Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Kesehatan ::: Enam Cara Ampuh Atasi Sariawan

Enam Cara Ampuh Atasi Sariawan

Enam Cara Ampuh Atasi Sariawan.

SilahkanSHARE.com | Sariawan seringkali datang tiba-tiba. Ketika sariawan muncul di dalam mulut, rasa perih pun tak terhindarkan dan membuat kita terganggu ketika sedang makan.

Sariawan adalah luka terbuka yang terbentuk di jaringan lunak dalam mulut dan biasanya pada bibir dan pipi bagian dalam, gusi dan lidah. Bentuk sariawan biasanya bulat dan berwarna putih dengan lingkaran kemerahan di sekitar area sariawan.

Menurut dokter gigi di Virginia Utara, Bill Cructhfield, sariawan biasanya dipicu karena gigitan kecil yang melukai dinding dalam pipi, atau iritasi di mulut, kekurangan gizi dan bisa juga karena alergi makanan.

U.S National Library of Medicine menambahkan, penyebab sariawan disebabkan perubahan hormonal, riwayat keluarga, kekebalan tubuh melemah dan memiliki dua kromosom X, yang biasanya lebih sering dialami wanita dibanding pria.

Selain obat yang dijual di apotek, Anda pun bisa mengobati sendiri sariawan seperti yang dikutip Liputan6.com dari  laman Prevention, [19/09/16] berikut.

6 Cara Ampuh Atasi Sariawan

#1. Hindari Makanan Asam dan Manis

Asam bisa mengiritasi sariawan lebih lama yang menyebabkan sensasi terbakar dan memperlambat proses penyembuhan. Perlu diingat bahwa bakteri dalam mulut Anda juga mengubah gula menjadi asam. Inilah penyebab utama kerusakan pada gigi dan bisa memperpanjang sariawan.

#2. Ganti Pasta Gigi Anda

Menurut Mayo Clinic, pasta gigi dan larutan kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) yang membuat busa pada produk pasta gigi dan obat kumur, dapat memicu sariawan. Sebaiknya, gunakan pasta gigi yang bebas SLS.

#3. Berkumur Menggunakan Air Garam

Ini salah satu metode yang sering dianjurkan dokter gigi. Garam membersihkan dan mengeringkan luka untuk membantu menyembuhkannya. Ini juga bisa menghentikan rasa sakit sementara. Namun, berkumur air garam bisa terasa sangat menyakitkan di awalnya sebelum akhirnya mati rasa. Campur satu sendok teh garam dalam segelas kecil air.

#4. Kumur dengan Baking Soda

Baking soda adalah alkali sehingga membantu menetralkan asam di mulut yang teriritasi, sembari membersihkan dan meredakan rasa sakit di saat yang sama. Gunakan satu sendok teh baking soda dan campur dengan air hangat, kemudian kumur beberapa kali selama beberapa menit.

#5. Kumur dengan Hidrogen Peroksida

Cruthfield merekomendasikan membilas sariawan dengan hidrogen peroksida, seperti menggunakan obat kumur. Hidrogen peroksida merupakan antiseptik sehingga bisa membersihkan luka dan mempercepat penyembuhan. Sesaat ini akan terasa sakit dan merasa semua bagian mulut bersih. Larutkan setengah sendok hidrogen peroksida dengan setengah gelas air.

#6. Bilas Susu Magnesium

Susu magnesium tak hanya bisa menyembuhkan maag dan sembelit tetapi juga sariawan. Seperti baking soda, susu magnesium adalah alkali yang menetralkan asam perut, dalam hal ini luka sariawan. Susu magnesium juga membentuk lapisan atas luka yang membantu melindungi dari iritasi sementara. Selain dibilas, bisa juga dioleskan langsung ke sariawan.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Terlalu banyak informasi NEGATIF beredar di internet, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan inspirasi dan memotivasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan, serta kebaikan untuk pembacanya. Saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya! Anda setuju dengan KAMI, Silahkan bantu LIKE dan SHARE!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Lima Cara Mudah Agar Bekerja Menjadi Lebih Produktif

Lima Cara Mudah Agar Bekerja Menjadi Lebih Produktif. SilahkanSHARE.com | Pernahkah Anda merasa sangat tidak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *