Saturday , 27 May 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Kesehatan ::: 5 Tanda ini Tunjukan Pola Diet yang Salah dan Berbahaya!
Ilustrasi

5 Tanda ini Tunjukan Pola Diet yang Salah dan Berbahaya!

5 Tanda ini Tunjukan Pola Diet yang Salah dan Berbahaya!

SilahkanSHARE! | Diet | Memiliki badan yang langsing dan ideal, tentunya menjadi harapan dari setiap orang. Bahkan, jika dahulu memiliki tubuh yang ideal identik dengan perempuan saja, namun belakangan ini, tidak sedikit pria yang juga ingin memiliki tubuh yang ideal.

Untuk memiliki tubuh yang ideal, maka banyak orang melakukanya dengan salah satu caranya yaitu diet.

Demi berhasil menurunkan berat badan dan tampil lebih langsing, tak jarang orang kemudian menerapkan pola makan yang ekstrem. Salah satunya adalah dengan mengurangi waktu makan dan menghilangkan salah satu asupan tertentu seperti karbohidrat.

Waspada, bukannya turun berat badan, diet ekstrem yang keliru justru bisa memberikan efek negatif bagi tubuh. Seperti disampaikan oleh nutrisionis dari New York University, Lisa Young, PhD, bahwa nutrisi seimbang sangat penting untuk menjaga kestabilan metabolisme, yang kemudian memengaruhi kinerja organ-organ dalam tubuh.

“Membatasi kalori terlalu ekstrem dapat membuat tubuh kekurangan nutrisi. Lebih lanjut, tubuh bisa akan beradaptasi dengan memecah jaringan otot untuk menyimpan energi. Pada akhirnya, kondisi ini dapat memperlambat metabolisme dan membuat Anda malah lebih sulit untuk menurunkan berat badan.

Seperti apa tanda yang ditunjukkan tubuh bahwa diet ekstrem Anda keliru dan perlu diperbaiki?

Berikut jawabannya, sebagaimana kami kutip dari detikHealth,

5 Tanda ini Tunjukan Pola Diet yang Salah dan Berbahaya!

#1. Anda selalu lapar

Saat tubuh kekurangan kalori secara ekstrem, maka Anda cenderung akan selalu lapar dan tak bisa berhenti memikirkan tentang makanan. Jika kondisi ini terjadi dan Anda bukannya mengisi perut dengan sekadar camilan, namun malah ogah makan, yang terjadi justru Anda bisa kalap di waktu makan berikutnya.

Menurut Young, ngemil saat sedang ingin turun berat badan bukanlah hal yang 100 persen dilarang. Ngemil justru dapat membantu menjaga asupan kalori Anda tetap stabil dan pikiran tetap fokus selama Anda menjalani aktivitas.

“Untuk mencegah Anda lapar berlebihan dan kalap di waktu makan, Anda sebaiknya mengonsumsi menu yang kaya akan protein dan serat setiap kali makan,” ujar Young.

#2. Periode haid jadi tak teratur

Salah satu tanda yang perlu diperhatikan untuk mengetahui apakah diet Anda sudah tepat atau belum adalah melalui periode haid. Jika Anda tak mengonsumsi cukup asupan nutrisi dan kalori, umumnya periode haid Anda akan menjadi tak teratur.

“Bahkan mungkin haid Anda akan berhenti atau menjadi lebih sedikit karena tubuh tidak memiliki cukup lemak untuk menghasilkan hormon yang memicu siklus haid,” ungkap Young.

#3. Pusing

Salah satu komponen yang berkaitan dengan fungsi otak adalah glukosa dalam darah, yang berasal dari karbohidrat yang Anda makan. Membatasi asupan kalori dan karbohidrat terlalu ekstrem pun dapat membuat Anda menjadi kekurangan energi. Akibatnya kerja otak menjadi sedikit terhambat dan Anda menjadi pusing atau sakit kepala.

#4. Lemas dan mudah mengantuk

Jika Anda menjadi mudah mengantuk dan merasa tak cukup berenergi untuk beraktivitas seperti biasa, bisa jadi ini karena asupan kalori Anda terlalu banyak dibatasi.

“Saat Anda tidak cukup mengonsumsi energi, Anda cenderung akan menjadi merasa lelah sepanjang waktu dan selalu ingin tidur,” imbuh Young.

#5. Cepat marah dan mudah tersinggung

Young menuturkan, salah satu efek lainnya ketika Anda terlalu membatasi asupan kalori adalah perasaan sensitif dan mudah marah. Beberapa penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa diet terlalu ketat kerap dikaitkan dengan mood yang mudah berubah.

Semoga saja dengan penjelasan tersebut diatas, untuk anda yang sedang diet bisa lebih berhati-hati dan waspada.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet.

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Manfaat Luar Biasa Cabai Hijau untuk Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Cabai Hijau untuk Kesehatan. SilahkanSHARE.com| Cabai hijau salah satu jenis cabai yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *