Thursday , 27 July 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Kesehatan ::: Dalam Sehari, Manusia Keluarkan Cairan Tubuh Hingga 3.000 cc

Dalam Sehari, Manusia Keluarkan Cairan Tubuh Hingga 3.000 cc

Dalam Sehari, Manusia Keluarkan Cairan Tubuh Hingga 3.000 cc.

SilahkanSHARE.com | Setiap manusia pasti memiliki kesibukannya masing-masing disetiap harinya, tak jarang hingga membuat tubuh mengeluarkan cairan berupa keringat. Tahukah anda berapa banyak cairan yang dikeluarkan oleh tubuh anda?

Pakar mengatakan dalam sehari, cairan yang dikeluarkan tubuh manusia bisa mencapai 3.000 cc.

“Banyak aktivitas yang kita lakukan tanpa sadari itu sebenarnya mengeluarkan air. Misalnya, saat bernapas itu kita juga mengeluarkan cairan, atau saat di ruangan lembab kita akan buang air kecil lebih sering tanpa disadari,” tutur dr Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK, dalam konferensi per Indonesian Hydration and Health Conference di Hotel JW Marriot, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Dikutip dari detikHealth.com  [16/03/16]. Dijelaskan dr Fiastuti, tubuh tak hanya mengeluarkan cairan melalui keringat saja. Saat buang air kecil, cairan yang keluar sekitar 500-1.000 cc. Atau saat buang air besar, cairan yang keluar bisa sampai 100-200 cc.

“Tergantung aktivitas, cairan yang dikeluarkan tubuh berkisar antara 1.500 – 3.000 cc. Itu jumlah air yang tidak sedikit lho,” tuturnya lagi.

Oleh karena itu, kecukupan kebutuhan cairan sangat penting. Jika kebutuhan cairan tidak tercukupi, orang akan rentan dehidrasi.

Dehidrasi dikatakan dr Fiastuti tidak hanya menyebabkan orang merasa haus saja. Dalam jangka pendek, dehidrasi bisa menyebabkan berkurangnya konsentrasi, rasa lelah berkepanjangan, hingga mual dan sakit kepala.

Dalam jangka panjang, dehidrasi juga bisa mengakibatkan tekanan darah meningkat dan pembekuan darah. Bahkan menurut dr Fiastuti, dehidrasi kronik atau berkepanjangan dapat berakibat fatal.

“Efeknya bisa gangguan penglihatan, kesadaran menurun, hingga meninggal dunia,” tuturnya lagi.

Untuk itu, Indonesian Hydration Working Group mengadakan konferensi ilmiah hidrasi yang pertama di Indonesia. Konferensi bernama Indonesian Hydration and Health Conference ini diadakan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya hidrasi bagi tubuh.

“Misi kami yang terpenting adalah meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan hidrasi sehat dan pengaruhnya terhadap kesehatan, kebugaran dan kinerja,” tutur dr Budi Wiweko, SpOG(K), Ketua IHWG.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Jangan heran jika masyarakatnya sangat mudah diprovokasi, saling cela di sosial media, sibuk mencari dan menghina kekurangan orang lain dan tidak mau koreksi kekurangan dirinya.Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

10 Perilaku Anak yang Menunjukkan Gejala Gangguan Mental

10 Perilaku Anak yang Menunjukkan Gejala Gangguan Mental. SilahkanSHARE.com | Sebagai orangtua, tentu sering mengkhawatirkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *