Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Kesehatan ::: Cara Turunkan Berat Badan dengan Tidur Nyenyak

Cara Turunkan Berat Badan dengan Tidur Nyenyak

Cara Turunkan Berat Badan dengan Tidur Nyenyak.

SilahkanSHARE.com | Tidur nyenyak dan berkualitas tak hanya baik untuk proses regenerasi sel dan terhindar dari penyakit seperti diabetes tipe 2 melainkan juga ampuh menurunkan berat badan.

Peneliti dari Harvard melakukan riset dengan meneliti kebiasaan tidur 133.353 wanita sehat. Selama 10 tahun penelitian ditemukan, wanita yang tidur nyenyak 45 persen berkurang risiko mengembangkan diabetes tipe 2 (jenis diabetes yang diakibatkan obesitas), dibandingkan mereka yang kesulitan tidur, mendengkur, dan tidur kurang dari 6 jam per hari, atau mengalamai sleep apnea.

Lantas bagaimana caranya untuk mendapatkan tidur berkualitas, turun berat badan, dan bugar? Simak 6 langkah yang dikutip dari laman Prevention dan health.liputan6.com di bawah ini:

#1. Tidur selama 6,5 jam hingga 8,5 jam

Dalam studi dari Brigham Young University disebutkan, wanita yang tidur selama 6,5 jam dan 8,5 jam memiliki risiko lebih kecil untuk mengalami kenaikan berat badan.

#2. Tidur di jam yang sama

Menurut studi yang sama, penting untuk disiplin terhadap jam tidur bila Anda ingin menjaga berat badan.

#3. Turunkan suhu ruangan

Tidur dalam ruangan yang lebih dingin meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak, meningkatkan metabolisme, dan memperbaiki sensitivitas insulin, demikian menurut studi dalam jurnal Diabetes.

#4. Matikan lampu

Wanita yang tidur dalam kamar dengan kondisi gelap 21 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menjadi obesitas ketimbang mereka yang tidur dengan lampu kamar menyala. Studi dari tahun 2014 ini dimuat dalam American Journal of Epidemiology.

#5. Matikan gawai

Anda tentu pernah mendengar, pancaran sinar biru dari ponsel pintar Anda menyedot kadar melatonin tubuh (kimiawi tubuh yang membantu proses tidur). Menurut studi dari University of Granada, Spanyol, turunnya kadar melatonin juga cenderung meningkatan berat badan. Jadi, matikan gawai Anda setidaknya 30 menit sebelum tidur.

#6. Jangan abaikan faktor lainnya

Selain tidur nyenyak, menjaga pola makan sehat dan tetap aktif bergerak setiap hari juga menjadi kunci untuk menurunkan berat badan.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Terlalu banyak informasi NEGATIF beredar di internet, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan inspirasi dan memotivasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan, serta kebaikan untuk pembacanya. Saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya! Anda setuju dengan KAMI, Silahkan bantu LIKE dan SHARE!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Nasi Putih Lebih Berisiko Sebabkan Diabetes Ketimbang Minuman Manis?

Nasi Putih Lebih Berisiko Sebabkan Diabetes Ketimbang Minuman Manis? SilahkanSHARE.com | Otoritas kesehatan di Singapura …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *