Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Kesehatan ::: Begini Cara Kerja Kafein Pada Kopi yang Membuat Seorang Aktif Terjaga

Begini Cara Kerja Kafein Pada Kopi yang Membuat Seorang Aktif Terjaga

Begini Cara Kerja Kafein Pada Kopi yang Membuat Seorang Aktif Terjaga.

SilahkanSHARE.com | Secangkir kopi bisa jadi minuman wajib beberapa orang yang menginginkan efek ‘tendangannya’ sebelum beraktivitas di pagi hari. Bagaimana hal ini bisa terjadi disebut karena kandungan kafein dalam kopi yang bekerja memengaruhi otak manusia.

Pembaca acara HowStuffWorks Lauren Vogelbaum menjelaskan kopi adalah minuman favorit penduduk dunia sehingga otomatis membuat kafein sebagai zat yang paling banyak dikonsumsi orang. Namun demikian tak semua tahu bagaimana sebetulnya cara kopi bekerja membuat seseorang merasa berenergi.

Dijelaskan oleh Lauren bahwa setiap sel dalam tubuh menggunakan senyawa kimia adenosine triphosphate (ATP) untuk menggerakkan otot, mengirim sinyal elektrik ke otak, dan membuat sel baru. Nah ketika ATP selesai diproses akan ada senyawa buang bernama adenosine yang bisa menempel pada reseptor otak.

Ketika adenosine menempel di reseptor otak, kerja saraf akan melamban dan menyebabkan rasa kantuk.

“Kafein kebetulan memiliki reseptor yang sama di otak seperti adenosine. Jadi ketika Anda minum kopi atau kola yang terjadi adalah lebih sedikit adenosine yang menempel pada reseptor otak,” ujar Lauren seperti dikutip dari Medical Dail dan health.detik.com [15/01/16].

“Selain itu bila adenosine melambatkan saraf otak untuk mengirim sinyal, kafein sebaliknya akan mempercepat pengiriman sinyal. Ekstra aktivitas saraf ini lah yang berujung pada efek fisik kafein,” lanjutnya.

Di dalam tubuh setengah kandungan dari kafein akan hilang efeknya dalam waktu enam jam. Artinya bila seseorang mengonsumsi 200 miligram kafein pada pukul 3 sore, maka masih ada 100 miligram yang memengaruhi tubuh.

“Otak akan kesulitan mengikat adenosine untuk istirahat, makanya Anda akan tetap terjaga atau setidaknya mencegah tidur nyenyak. Inilah alasan kenapa ahli menyarankan sedang-sedang saja kalau minum kopi,” pungkas Lauren.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Terlalu banyak informasi NEGATIF beredar di internet, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan inspirasi dan memotivasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan, serta kebaikan untuk pembacanya. Saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya! Anda setuju dengan KAMI, Silahkan bantu LIKE dan SHARE!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Nasi Putih Lebih Berisiko Sebabkan Diabetes Ketimbang Minuman Manis?

Nasi Putih Lebih Berisiko Sebabkan Diabetes Ketimbang Minuman Manis? SilahkanSHARE.com | Otoritas kesehatan di Singapura …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *