Monday , 24 July 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Fenomena Alam ::: Ajaib! Laut ‘Belah’ Ala Nabi Musa Ada di Korea

Ajaib! Laut ‘Belah’ Ala Nabi Musa Ada di Korea

Ajaib! Laut ‘Belah’ Ala Nabi Musa Ada di Korea.

SilahkanSHARE.com | Rupanya fenomena lautan yang terbelah ala kisah Nabi Musa sungguhan ada di dunia. Di Korea Selatan ada lautan yang ‘terbelah’ 2,8 km di Pulau Jindo

Pulau Jindo belum sepamor Nami Island atau Pulau Jeju. Tapi di sinilah, terdapat fenomena laut ‘terbelah’ tersebut. Bahkan, turis bisa langsung berjalan di atas lautannya!

Dari situs resmi Visit Korea Pulau Jindo berada di semenanjung bagian selatan Korea Selatan. Cara menuju ke sana, naik bus jurusan Seoul-Jindo yang berangkat tiap empat kali sehari dan perjalanannya mencapai 5 jam.

Dikutip dari detiktravel [4/1/2016]. Pulau Jindo sejatinya pulau yang subur. Masyarakat di sana hidup dengan bertani, berternak dan nelayan. Pulau ini dikelilingi lautan yang mana tiap dua tahun sekali, terjadi fenomena lautan yang seolah terbelah.

Ceritanya begini, di tahun 1975, duta besar Prancis yang kala itu sedang berkunjung ke Pulau Jindo tidak sengaja melihat fenomena tersebut. Dia melihat orang yang berjalan di tengah laut!

Sejak saat itulah, cerita lautan terbelah di Pulau Jindo tersebar luas. Turis mulai berdatangan dan melihat dengan mata kepala sendiri. Mereka kompak bersama-sama menyebutnya Miracle of Moses alias Keajaiban ala Nabi Musa.

Jika ditelaah, sebenarnya lautan di Pulau Jindo tidaklah benar-benar terbelah melainkan surut. namun surutnya bukan cuma dua atau lima meter, melainkan panjangnya mencapai 2,8 km dan lebarnya mencapai 60 meter. Surutnya pun bisa 1 jam lamanya!

Ketika surut itulah, masyarakat Pulau Jindo turun langsung ke laut dan mencari kerang. Mereka juga bisa menyeberang ke pulau tetangga, Pulau Modo. Tapi rupanya, fenomena tersebut hanya berlangsung dua kali dalam setahun yang biasanya terjadi di awal tahun.

jin2

Pemerintah Korea Selatan tidak tinggal diam. Tahu negaranya punya fenomena yang unik seperti ini, pemerintah Korea Selatan menggelar ‘Jindo Miracle Sea Road Festival’. Suatu festival yang mengajak turis untuk berjalan langsung membelah laut.

Sudah 35 kali festivalnya berlangsung dan selalu penuh didatangi turis. Tak tanggung-tanggung, 500 ribu sampai 1 juta turis tercatat datang ke sana. Turis merasakan langung, berjalan ke tengah laut, berfoto-foto sampai mencari kerang-kerang laut. Asyik!

jin3

Tiket masuk ke festivalnya cuma dibanderol 5.000 Won atau setara Rp 56 ribu. Suguhan musik tradisional sampai kuliner lezat pun disediakan untuk para turis. Suatu hal yang harus dipelajari oleh Indonesia, sebab di Pulau Dodola, Maluku Utara juga punya fenomena seperti ini.

Tahun 2016, rencananya Jindo Miracle Sea Road Festival bakal digelar pada tanggal 20 sampai 23 Maret 2016. Mau coba, berjalan di tengah laut di Korea Selatan ala Nabi Musa ini?

 

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Jangan heran jika masyarakatnya sangat mudah diprovokasi, saling cela di sosial media, sibuk mencari dan menghina kekurangan orang lain dan tidak mau koreksi kekurangan dirinya.Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Berikut Jadwal Daerah yang Dilintasi Gerhana Matahari 2016

Berikut Jadwal Daerah yang Dilintasi Gerhana Matahari 2016. SilahkanSHARE.com | Tahun 2016 akan menjadi tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *