Saturday , 27 May 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Tips & Tricks ::: 7 Tips Aman Belanja via Online, Menjelang Hari Raya Idul Fitri

7 Tips Aman Belanja via Online, Menjelang Hari Raya Idul Fitri

7 Tips Aman Belanja via Online, Menjelang Hari Raya Idul Fitri.

SilahkanSHARE.com | Sebentar lagi umat muslim akan mengakhiri bulan suci Ramadhan. Selanjutnya, hari kemenangan akan tiba tepat sebulan kemudian. Di hari kebahagiaan itu banyak orang berbondong-bondong membeli sandang baru demi menyambutnya.

Memasuki di era modern ini tentunya berbelanja kebutuhan pokok sudah semakin mudah, lebih-lebih sudah disediakan berbagai toko online yang selalu memudahkan dalam berbelanja.

Walaupun masih banyak juga toko-toko fisik yang dapat kita kunjungi, selain membeli di toko fisik, sekarang ini kita dimudahkan dengan berbelanja secara online.

Namun, hal ini ternyata juga beresiko. Nah, supaya belanja via online untuk lebaran nanti bisa lancar, mari cermati tujuh cara sederhana dalam melakukan belanja online yang kami rangkum dari idntimes.com.

#1. Cek promo yang tersedia

Sebelum buru-buru belanja, kamu perlu cek dulu promo apa saja yang masih berlaku. Lumayan kan kamu jadi dapat potongan harga sekian persen. Pastikan juga apakah item barang yang kamu beli tersebut termasuk dalam promo yang berlaku. Jangan sampai kamu justru salah membeli barang yang sedang tidak didiskon dan baru menyadarinya setelah selesai melakukan transaksi.

#2. Jangan gampang tergiur diskon

Meski menjadi discon hunter, kamu jangan buru-buru tergiur dengan potongan harga besar-besaran. Cek dulu apakah harga barang sebelum dan setelah didiskon benar-benar beda? Karena biasanya banyak toko yang tidak jujur dan menggunakan diskon sebagai tak tik semata. Mereka bakal menaikkan harga barang sebelum didiskon sehingga harga setelah diskon gak beda jauh dengan harga normalnya.

#3. Cek review dari pembeli terdahulu.

Selalu mengecek review barang sebelum membeli adalah salah satu hal yang wajib dilakukan kamu yang hobi belanja online. Pasalnya, ini adalah salah satu cara ampuh untuk memastikan apakah toko online tempatmu berbelanja terpercaya atau tidak. Jika toko online tersebut sudah banyak mendapat review bagus dari para pelanggannya, kamu boleh berlega hati untuk berbelanja di situ juga.

Namun, jika ternyata banyak komplain dilayangkan oleh para konsumen, maka urungkan niatmu untuk berbelanja di situ. Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu seberapa banyak toko tersebut sudah melakukan transaksi kepada konsumen. Semakin banyak transaksi yang pernah dilakukan, maka semakin terpercaya toko tersebut di mata pelanggan.

#4. Jangan malas survey dari berbagai olshop yang ada

Selain mengecek komentar positif dari para pembeli, kamu juga harus rajin-rajin menjelajahi dunia maya. Dengan sering browsing, kamu jadi tahu apakah barang yang kamu inginkan juga dijual di toko online lainnya. Karena banyaknya olshop yang ada, kamu harus selektif mencari online shop mana yang menjual barang sama dengan harga terendah.

#5. Pilih metode pembayaran yang paling aman dan simpan bukti transaksi.

Ini juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan, yaitu metode pembayaran. Pastikan kamu membaca rule pembayarannya secara cermat. Jangan salah memasukkan nomor rekening tujuan maupun jumlah angka nominal yang harus dibayarkan.

Selain itu, simpan bukti transaksi hingga barang yang kamu beli benar-benar sampai dan sesuai. Kamu juga bisa melihat apakah ada opsi untuk membayar di tempat saat barang sampai, karena metode ini lebih menguntungkanmu sebagai konsumen.

#6. Selalu mengecek garansi barang

Cek apakah barang yang kamu beli ada garansinya juga merupakan hal yang penting. Pastikan, apakah online shop tersebut melayani retur jika ternyata size yang diinginkan tak sesuai? Atau mengalami pengembalian jika ternyata barang yang kamu beli cacat produksi? Jika memang jawabannya iya, berarti online shop tersebut termasuk aman.

#7. Jangan malas survey di toko fisik

Membeli via online shop memang menggiurkan. Kamu bisa hemat tenaga tanpa perlu pergi dari satu toko ke lainnya. Namun, perlu diwaspadai juga karena barang dari online shop terkadang tak sesuai dengan foto yang didisplay.

Berbeda jika kamu belanja langsung ke toko fisik. Meski harus rela waktu dan tenaga terpangkas, kamu bakal puas menjelajah satu toko dan lainnya untuk mengecek bahan dan kecocokan size pakaianmu sendiri.

Sudah siap belanja online untuk lebaran nanti?

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *