Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Tutorial ::: 7 Langkah Jitu Menghindari Stres
ilustrasi

7 Langkah Jitu Menghindari Stres

7 Langkah Jitu Menghindari Stres.

SilahkanSHARE.com | Stress bisa macam-macam sumbernya. Menilik survey pada orang dewasa, 72 persen stress soal pekerjaan dan hubungan dengan orang dekat. 28 persennya berhubungan dengan aset, uang, hutang, biaya-biaya dan aneka hal seputar penghasilan.

Dari semua itu, 48 persennya mengaku peristiwa stress berdampak negatif pada kehidupan mereka.

Ingat baik-baik, sadar atau tidak stresss berdampak buruk bagi kehidupan dan kesehatan. Saat gejala stress datang bagian hipotalamus di otak akan memerintahkan tubuh memproduksi adrenalin dan kortisol melebihi kadar wajar.

Dua zat ini membuat detak jantung semakin kencang dan tekanan darah meningkat. Dan menjauhkan dari kedamaian, ini membuat tubuh mengelola sebentuk cadangan energi untuk berkelahi dan konfrontasi.

Secara alamiah seluruh tubuh memaknai kondisi sebagai kondisi bahaya. Barulah saat anda merasa aman kembali, kondisi dalam tubuh kembali normal.

Dikutip dari detik.com, Para Psikolog dan Pendamping Konseling kerap menyarankan 7 langkah ini untuk menghindari stress.

#1. Persiapkan Diri

Pendeknya, jika anda punya kenangan kurang baik dengan segala persoalan, anda harus mempersiapkan diri untuk lebih baik lagi dalam mengelola segala urusan dalam hidup anda. Belajalah dari pengalaman.

Biasakan menyiapkan arah, “Jika kondisi X terjadi maka saya akan melakukan Y”. Strategi akan membantu anda lebih cakap mengelola keadaan saat hal sebenarnya terjadi dalam kehidupan anda.

#2. Fokus Dengan Pernafasan

Berlatih dan membiasakan diri untuk bernafas secara pelan, dalam dan teratur saat mengalami atau menghadapi kondisi yang anda anggap sebagai tekanan. Teknik pernafasan ini membantu anda mengurangi ketegangan dan membuat anda lebih cepat kembali pada kondisi normal.

#3. Olah Raga

Aktivitas fisik merangsang produksi endorphin. Berbagai hasil riset menjelaskan bahwa olah raga selama 40 menit dapat secara dramatis mengembalikan mood baik anda. Olah raga adalah bentuk rekreasi yang sangat baik saat anda mengalami kondisi-kondisi berat dalam pekerjaan atau keseharian anda.

#4. Hindari Pikiran Negatif “Kalau, Misalnya, Andaikata, Umpamanya?”

Hadapai realita sebagaimana adanya. Semakin anda memikirkannya, semakin anda terbebani. Anda akan menghabiskan banyak waktu dalam kondisi tidak nyaman tanpa menemukan jawaban. Coba berpikir secara lebih ringkas dan hanya pada apa yang harus anda selesaikan. Jangan bebani tubuh yang letih dengan pikiran yang tak ada arahnya.

#5. Fokus Hanya Pada Yang Positif

Buat daftar hal-hal positif atau kelebihan dalam hidup anda. Segeralah ingat semua yang menjadi keutamaan atau keunggulan anda itu tiap kali pikiran negative datang. Ini tak hanya baik bagi mood dan pikiran anda, tapi juga membantu anda lebih bersyukur. Bersyukur adalah cara yang paling cepat menyadarkan anda pada segala kebaikan dalam hidup.

#6. Jangan Ikuti Dialog Diri Yang Negatif

Berkaitan dengan poin nomor 4, tapi ini lebih bersifat mendalam pada diri anda. Kenali setiap hal yang bisa membuat benak anda berpikir dan membahas hal-hal negative. Pahami bahwa semua tak akan membawa anda pada ketenangan.

Selain bersiap pada segala kenyataan dan tantangan hidup, temukan hal-hal dalam kebiasaan dan diri sendiri yang bisa membuat anda merasa tambah stress atau tertekan.

#7. Memaklumi dan Memaafkan

Tak ada orang yang sempurna. Memaksakan diri untuk selalu ideal dengan sokongan orang-orang sekitar adalah hal yang mustahil. Semakin anda memaksa semakin anda berpotensi terbebani olah apa yang anda inginkan itu.

Tak perlu kecil hati, takut atau khawatir dengan kekurangan-kekurangan dalam diri dan orag sekitar anda. Maklumi dan maafkan apa yang sudah terjadi, sembari siapkan diri untuk yang mungkin terjadi. Tataplah hari depan dengan hati yang lebih bersih dan pikiran yang lebih positif.

 

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Terlalu banyak informasi NEGATIF beredar di internet, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan inspirasi dan memotivasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan, serta kebaikan untuk pembacanya. Saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya! Anda setuju dengan KAMI, Silahkan bantu LIKE dan SHARE!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Ingin Cepat Mahir? Cara Belajar Seperti Ini Disarankan Peneliti

Ingin Cepat Mahir? Cara Belajar Seperti Ini Disarankan Peneliti. SilahkanSHARE.com | Ketika seseorang ingin mahir …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *