Friday , 18 August 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Tempat Wisata ::: 7 Destinasi Air Terjun yang Mengagumkan di Indonesia

7 Destinasi Air Terjun yang Mengagumkan di Indonesia

7 Destinasi Air Terjun yang Mengagumkan di Indonesia.

SilahkanSHARE.com | Bicara tentang keindahan ratusan pantai serta pegunungan di Indonesia, bukanlah lagi menjadi sebuah rahasia umum.

Indonesia yang merupakan negara kepulauan sudah tentu memiliki keindahan pantai yang menakjubkan dan memikat banyak wisatawan asing untuk datang dan berlibur.

Indonesia yang juga terletak dalam jalur “ring of fire” membuatnya memiliki sejumlah gunung berapi. Namun keistimewaan zamrud khatulistiwa ini tidaklah berhenti disitu saja.

Indonesia juga memiliki puluhan bahkan ratusan air terjun yang indah serta memukau.

Air terjun keren di Indonesia ini tersebar diberbagai propinsi dan setiap daerah ini tentunya menyimpan keindahan serta keunikan masing-masing sehingga wajib untuk kalian kunjungi.

Berikut ini adalah 10 air terjun paling keren di Indonesia, dikutip dari berbagai sumber:

#1. Air Terjun Mursala – Sumatera Utara

Letak air terjun ini berada di Mursala, yakni antara Sumatera dan Pulau Nias, di pusat Tapanuli.

Memiliki ketinggian sekitar 35 meter, Air Terjun Mursala memiliki tipikal batuan granit hitam dan mengalir langsung ke Samudera Hindia dengan arus serta suara gemuruh santer terdengar.

Air yang berada di bawah arus merupakan rumah bagi berbagai jenis terumbu karang, ikan, serta beberapa spesies yang kini terancam punah.

Air-Terjun-Mursala

Keindahan tersebut dapat kalian saksikan sendiri dengan cara menyewa perahu kemudian snorkeling, namun dimohon agar tetap berhati-hati dengan arus yang cukup kuat.

#2. Air Terjun Dua Warna, Sibolangit – Sumatera Utara

Air-Terjun-Dua-Warna

Air Terjun Dua Warna dapat ditemukan di Desa Durin Sirigun, Sumatera Utara, yang letaknya kurang-lebih sekitar 1.270 meter di atas permukaan laut. Sesuai dengan namanya, air terjun paling keren di Indonesia ini memiliki dua gradien warna yang dihasilkan oleh fosfor dan belerang yang tercampur di dalam air, sehingga menghasilkan nuansa seakan berwarna abu-abu, putih serta biru muda.

Kalian ataupun pengunjung diijinkan untuk berenang atau membangun tenda di kawasan air terjun ini, namun perlu diingat bahwa airnya tidak dapat dikonsumsi. Meski membutuhkan waktu 2-3 jam untuk naik dan menjangkaunya, namun keindahan yang akan kalian dapatkan akan sangat sepadan dengan usaha tersebut.

#3. Air Terjun Moramo – Sulawesi

Air-Terjun-Moramo

 

Keindahan lain dapat ditemukan di Air Terjun Moramo yang bersumber dari Pegunungan Tambolosu. Terletak kurang lebih sekitar 60 Km dari kota Kendari, air terjun yang masih berada di dalam Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa, Sulawesi Tenggara ini memiliki pemandangan eksklusif berupa air yang mengalir di atas batu-batu granit yang besarnya memiliki berbagai ukuran.

Air Terjun Moramo juga memiliki ciri khas dengan adanya teras-teras yang berundak yang membuatnya seakan menjadi kolam bertingkat. Tidak hanya pemandangan yang serba hijau, disini juga kalian dapat menemukan berbagai macam spesies serta kicauan burung yang menentramkan hati.

#4. Air Terjun Tiu Kelep – Lombok

Air-Terjun-Sendang-Gile

Air Terjun Tiu Kelep dapat ditemukan di kecamatan Bayan, Lombok Utara. Letaknya yang masih berada dalam wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani ini berada sekitar 600 meter diatas permukaan laut. Air terjun yang tingginya kira-kira 31 meter ini memiliki 2 tingkat yang berbeda. Untuk menikmati keindahan air terjun ini, kalan diharuskan untuk mendaki 200 anak tangga di ketinggian 40 meter terlebih dahulu.

#5. Air Terjun Benang Kelambu – NTB

Air-Terjun-Benang-Kelambu

Air terjun Benakng Kelambu juga masih terletak di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di desa Aik Berik, sebelah utara Lombok Tengah. Sumber air yang mengalir melalui celah antara pepohanan dan keluar dengan aliran yang sangat tipis menjadi daya pikat tersendiri bagi tempat ini. Alasan itulah yang membuatnya disebut sebagai “Benang Kelambu”. Penduduk setempat mempercayai bahwa, bagi mereka yang mandi di air terjun ini akan menjadi awet muda.

#6. Air Terjun Sri Gethuk – Yogyakarta

Air-Terjun-Sri-Gethuk

Air terjun Sri Gethuk merupakan salah satu air terjun yang kini sedang populer di Yogyakarta. Tepatnya berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Air terjun ini memiliki ciri diapit oleh tebing yang berketinggian sampai dengan 50 meter.

Untuk mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk, dapat ditempuh dengan berjalan kaki melewati pematang sawah sejauh 450 meter kemudian menuruni anak tangga yang berjumlah sekitar 96 anak tangga. Fasilitas di tempat wisata ini belum banyak karena kawasana ini masih merupakan obyek wisata yang terpencil dan baru.

#7. Air Terjun Madakaripura – Jawa Timur

Air-Terjun-Madakaripura

Air Terjun Madakaripura terletak di desa Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur. Air terjun yang berada 620 meter di atas permukaan laut ini merupakan salah satu air terjun yang di lindungi oleh TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru).

Terdapat legenda yang mengatakan bahwa, air terjun ini merupakan lokasi meditasi terakhir bagi Gajah Mada. Hal ini membuatnya dianggap sebagai tempat yang suci bagi masyarakat Hindu setempat. Nggak salah kan kalau Air Terjun Madakaripura masuk ke salah satu air terjun paling keren di Indonesia.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Jangan heran jika masyarakatnya sangat mudah diprovokasi, saling cela di sosial media, sibuk mencari dan menghina kekurangan orang lain dan tidak mau koreksi kekurangan dirinya. Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

6 Referensi Wisata Saat Libur Lebaran di Yogyakarta

6 Referensi Wisata Saat Libur Lebaran di Yogyakarta. SilahkanSHARE.com | Menyambut libur Lebaran 2016, Dinas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *