Friday , 18 August 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Kesehatan ::: 6 Pola Makan Cegah Penyakit Jantung

6 Pola Makan Cegah Penyakit Jantung

6 Pola Makan Cegah Penyakit Jantung.

SilahkanSHARE.com | Makanan yang kita konsumsi sehari-hari bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung koroner. Banyak masyarakat yang sudah tahu hal ini, namun sayang masyarakat seakan tak memedulikannya.

Namun, tak ada salahnya untuk memulai dari sekarang pola makan demi jantung sehat. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan saat mengonsumsi makanan demi menjaga jantung sehat seperti dilansir laman liputan6.com.

#1. Kontrol porsi makan

Gunakan piring kecil untuk membantu mengontrol porsi makan. Saat makan, berikan porsi besar pada makanan rendah kalori dan kaya nutrisi seperti buah dan sayur. Lalu, porsi kecil makanan tinggi kalori, garam, dan makanan olahan.

#2. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Sayur dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik serta rendah kalori dan kaya serat. Selain itu di dalam kedua sumber bahan oangan ini terdapat zat-zat yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

#3. Konsumsi biji-bijian

Biji-bijian merupakan sumber serat dan nutrisi yang berperan mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung. Seperti beras merah, barley, dan gandum.

#4. Batasi lemak tak sehat

Membatasi lemak jenuh dan trans penting untuk mengurangi koleseterol dan menurunkan risiko penyakit koroner. Lemak tak sehat juga bisa meningkatkan level kolesterol sehingga menyebabkan penumpukan plak di arteri.

#5. Pilih sumber protein sehat

Daging tanpa lemak, ikan, produk susu rendah lemak dan telur merupakan sumber terbaik protein. Dibandingkan daging, ikan merupakan alternatif yang baik. Terlebih ikan kaya Omega-3 yang dapat menurunkan lemak darah atau trigliserida.
Selain itu, buncis, kacang polong, lentil merupakan sumber protein nabati yang baik karena mengandung sedikit lemak dan kolestero;

#6. Jangan berlebihan konsumsi garam

Konsumsi garam berlebih dapat berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi yang merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Orang dewasa sebaiknya tidak konsumsi garam lebih dari 2.300 mg per hari atau sekitar satu sendok teh.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Jangan heran jika masyarakatnya sangat mudah diprovokasi, saling cela di sosial media, sibuk mencari dan menghina kekurangan orang lain dan tidak mau koreksi kekurangan dirinya.Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

5 Cara Mudah Atasi Insomnia Tanpa Obat

5 Cara Mudah Atasi Insomnia Tanpa Obat. SilahkanSHAREcom | Insomnia adalah ketidakmampuan untuk tidur atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *