Sunday , 23 July 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Internasional ::: 5 Tradisi Unik Dalam Merayakan Hari Kemerdekaan di Berbagai Negara
Panjat Pinang jadi Salah Satu Tradisi Kemerdekaan unik di Indonesia

5 Tradisi Unik Dalam Merayakan Hari Kemerdekaan di Berbagai Negara

5 Tradisi Unik Dalam Merayakan Hari Kemerdekaan di Berbagai Negara.

SilahkanmSHARE.com | Perayaan hari kemerdekaan sudah menjadi suatu kewajiban yang dilakukan oleh para warga negara dalam menyambut dan memeriahkannya termasuk Indonesia. Ketika hari kemerdekaan tiba, warga akan saling berlomba, menyiapkan beragam atribut dan membuat nuansa kemerdekaan di setiap sudut jalan, rumah, dan yang lainnya. Selain upacara kemerdekaan yang wajib di lakukan, beragam kegiatan lainnya seperti lomba menjadi satu yang unik setiap tahunnya.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali perlombaan yang menghiasi hari kemerdekaan. Seperti lomba panjat pinang, makan kerupuk, balap karung dan masih banyak lainnya, walau dikatakan sangat kuno dan tidak evolusi, namun perlombaan tersebut sudah menjadi tradisi turun temurun. Warga menikmati dan juga peserta bersorak gembira melakukannya.

Bisa dikatakan tradisi perayaan di Indonesia terbilang unik, karena tidak ada negara lain yang bisa melakukannya selain Indonesia. Meski begitu tradisi unik di hari kemerdekaan tidak hanya di lakukan oleh Indonesia saja, ternyata dibelahan negara lainnya ada juga beragam tradisi unik yang menjadi sajian khusus dan di tunggu kehadirannya dikala kemerdekaan tiba.

Apa saja, dan dimana saja tradisi tersebut berikut dikutip dari anakregular limaa tradisi unik dalam merayakan hari kemerdekaan di berbagai belahan dunia.

#1. Tradisi Panjat Pinang – Indonesia

Tradisi paling populer dan mungkin selalu menjadi menu khusus di negeri tercinta Indonesia dikala kemerdekaan tiba, Panjat pinang memang sudah terdengar tak asing lagi bagi warga Indonesia. Tradisi ini memang menjadi ajang kemeriahan yang selalu ada di setiap daerah Indonesia. Entah apa dan gimana namun yang pasti panjat pinang ini sangat seru dan penuh akan sarat makna.

Adapun sebuah filosofi yang menyatakan jika panjat pinang adalah gambaran Indonesia dimasa lalu, dimana semua rakyat dan juga para pahlawan saling bahu membahu melawan penjajah dan juga memerdekakan Indonesia. Yah pastinya setiap tahun panjang pinang ini selalu menjadi hiburan utama yang selalu di tunggu oleh bangsa Indonesia.

#2. Pesta di Markam Damkar – Prancis

Sebuah kegiatan yang tak biasa dan juga sangat unik tentunya dilakukan oleh rakyat Prancis pada hari kemerdekaannya. 14 Juli yang menjadi tanggal bersejarah bagi negara mode ini dirayakan dengan suka cita, dimana dalam sejarahnya awalnya Prancis adalah negara kerajaan namun dengan revolusi tirani kerajaan pun berubah menjadi republik.

Salah satu tradisi yang mungkin menjadi cikal bakal tradisi lainnya yang dilakukan oleh negara lain adalah parade yang dilakukan oleh militer negara, Parade Militer Prancis pertama di lakukan di Champ-Elysees. Selain itu pada perayaan hari kemerdekaan ini rakyat Prancis punya tradisi unik yakni markas petugas pemadam kebakaran dibuka untuk umum sehingga warga bisa mengunjungi mereka untuk menari, minum-minum, dan berpesta.

#3. Menari Tarian Tradisional di Pantai – Ghana

Sedikit menyebrang ke negeri hitam Afrika, di salah satu negaranya terdapat salah satu tradisi unik dalam menyambut dan memeriahkan hari jadi negara. Tanggal 6 Maret adalah tanggal bersejarah bagi Ghana di Afrika, tanggal tersebut merupakan cikal bakal dan juga  menjadi sejarah dimana kala itu 6 Maret 1957 Ghana resmi lepas dari Inggris.

Bisa dikatakan Ghana termasuk dalam negara pertama dari Afrika yang meraih kemerdekaan dari bangsa Eropa. Saat ini kemerdekaan bersejarah dirayakan dengan kembang api, parade, dan pawai. Namun begitu, perayaan belum dirasa cukup tanpa adanya pertunjukkan musik dan tari di area pantai. Tradisi hip hop ala Afrika Barat juga turut memeriahkan suasana. Sebuah perlombaan khas di hari nasional mereka terletak di desa pemancingan Shama.

#4. Lomba Baca Taurat – Israel

Sebagai negara yang kontroversi dan juga suka perang dalam mendapatkan wilayah, ternyata Israel dikenal sangat dalam akan kepercayaannya. Dengan mayoritas warganya yang merupakan keturunan nabi Musa AS, setiap setahun sekali warga Israel kerap kali berkumpul di Gunung Herzl untuk mengakhiri Hari Peringatan Yom Hazikaron dan memulai Hari perayaan Kemerdekaan Yom Ha’atzmaut.

Pada acara itu ada 12 obor dinyalakan sebagai simbol jumlah suku Israel.  Rakyat merayakan hari kemerdekaan setelah lepas dari penguasa Inggris dengan berkumpul bersama keluarga, menggelar konser, dan doa.  Selain itu ada juga acara kompetisi menghapal isi Kitab Taurat yang digelar di Yerusalem. Pesertanya biasanya siswa sekolah di dalam dan luar negeri.

#5. Menerbangkan Layang-layang Bersama – India

Terakhir dari negeri terpadat kedua dunia, India memiliki cara unik dalam memeriahkan hari jadi negaranya. Negara yang duahari lebih dulu merayakan kemerdekaan dari Indonesia namun dua tahun lebih lama dari Indonesia selalu merayakan hari kemerdekaannya dengan sangat meriah.

Sebagai negara merdeka yang lepas dari jajahan Inggris, setiap tahunnya miliaran rakyat memperingati hari bersejarah mereka di tiap tempat aktivitas, rumah, kantor, sekolah dengan warna bendera India. Keluarga di rumah juga merayakan dengan bersama menonton upacara bendera yang disiarkan langsung di Red Fort, New Delhi. Acara yang dilakukan masyarakat India juga tak kalah menarik, seperti penerbangan layang-layang sebagai simbol kemerdekaan.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Jangan heran jika masyarakatnya sangat mudah diprovokasi, saling cela di sosial media, sibuk mencari dan menghina kekurangan orang lain dan tidak mau koreksi kekurangan dirinya.Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Jarang Kita Sadari, Inilah Kondisi Mengerikan dari Bumi yang Kita Pijak

Jarang Kita Sadari, Inilah Kondisi Mengerikan dari Bumi yang Kita Pijak. SilahkanSHARE.com | Tidak ada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *