Sunday , 20 August 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Kesehatan ::: 5 Penyakit yang Timbul akibat Kebiasaan Begadang
Begadang (andafadillah.wordpress.com)

5 Penyakit yang Timbul akibat Kebiasaan Begadang

5 Penyakit yang Timbul akibat Kebiasaan Begadang.

SilahkanSHARE.com | Risiko yang harus kita tanggung dari kurang tidur sebenarnya jauh lebih besar dari yang kita ketahui. Pengaruhnya bahkan dirasakan pada kesehatan jangka panjang.

Setelah semalam kurang tidur, tentu keesokan harinya kita akan mengalami rasa lelah, mood buruk, atau kurang fokus. Yang jarang kita sadari adalah kurang tidur, apalagi jika setiap malam kita sering begadang, akan meningkatkan risiko penyakit kronik.

Berbagai penelitian mengenai tidur dan penyakit sudah dilakukan. Hasil dari penelitian itu cukup konsisten.

Seperti dikutip kompasHealth.com dari healthysleep.med.harvard.edu, berikut adalah bahaya penyakit kebiasaan begadang yang terjadi pada tubuh kita.

#1. Obesitas

Orang yang sering kurang tidur cenderung memiliki berat badan berlebih. Para ahli sekarang ini juga memasukkan kurang tidur sebagai salah satu faktor penyebab obesitas, selain kurang olahraga dan makan berlebih.

Kurang tidur diketahui akan mengganggu metabolisme tubuh dan pengeluaran hormon-hormon yang mengatur nafsu makan dan pemrosesan glukosa.

#2. Diabetes

Kebiasaan kurang tidur juga memicu diabetes tipe dua. Hal itu karena kemampuan tubuh memproses glukosa, energi dari karbohidrat yang dipakai sel sebagai bahan bakar, terganggu. Orang yang tidur sekitar 5 jam setiap malam diketahui memproses glukosa lebih lambat.

#3. Penyakit Jantung dan Hipertensi

Penelitian menunjukkan, penderita hipertensi yang kurang tidur satu malam saja sudah akan mengalami peningkatan tekanan darah. Efek ini mungkin bisa menjelaskan kaitan antara kurang tidur dan penyakit jantung dan stroke.

#4. Gangguan Mood

Kebiasaan tidur larut malam dan juga kurang tidur merupakan penyebab Anda menjadi orang yang gampang marah dan moody. Dalam jangka panjang, kurang tidur juga dapat memicu depresi, kecemasan, dan stres mental.

#5. Fungsi Imun Menurun

Secara alami kita akan lebih banyak tidur saat sedang sakit. Ini merupakan cara tubuh untuk meningkatkan kekuatan sistem imun dalam melawan infeksi. Jadi, tak heran bila kita gampang sakit akibat beberapa hari selalu begadang.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Jangan heran jika masyarakatnya sangat mudah diprovokasi, saling cela di sosial media, sibuk mencari dan menghina kekurangan orang lain dan tidak mau koreksi kekurangan dirinya. Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

5 Cara Mudah Atasi Insomnia Tanpa Obat

5 Cara Mudah Atasi Insomnia Tanpa Obat. SilahkanSHAREcom | Insomnia adalah ketidakmampuan untuk tidur atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *