Thursday , 25 May 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Teknologi Informasi ::: 5 Langkah Ampuh Mempercepat Kinerja Android yang Lemot
5 Langkah Ampuh Mempercepat Kinerja Android yang Lemot [gadgetalbi.com]

5 Langkah Ampuh Mempercepat Kinerja Android yang Lemot

5 Langkah Ampuh Mempercepat Kinerja Android yang Lemot.

SilahkanSHARE.com | Ponsel atau smartphone memang sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari umat mausia. Jika mempunyai ponsel Android lemot pasti sangat mengganggu aktivitas. Meski begitu, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk membuat ponsel tak lagi lemot. Cara yang digunakan tidakalah terlalu rumit tetapi praktis 😀 .

Berikut beberapa tips yang ampuh untuk meningkatkan kembali kinerja Android kamu biar nggak lemot, sebagaimana dikutip Liputan6.com dari laman Android Central, [30/8/16].

#1. Uninstall Semua Aplikasi yang Tak Terpakai

Salah satu hal yang membuat Android menjadi lemot adalah banyaknya jumlah aplikasi dalam smartphone. Harus diakui, pengguna smartphone sering mengunduh sebuah aplikasi namun hanya memakai saat pertama kali mengunduh.

Lambat laun, aplikasi yang telah diunduh tak lagi digunakan. Inilah yang membuat kinerja Android jadi lamban. Karenanya, disarankan untuk menghapus atau meng-uninstall aplikasi-aplikasi yang tak terpakai.

#2. Bersihkan Ruang Penyimpanan

Setelah beberapa saat memiliki sebuah Android, bayangkan pasti banyak data yang sudah ada di dalamnya. Makin kecil kapasitas ruang penyimpanan, makin lemot pula Android kamu.

Misalnya saja saat memotret sesuatu, biasanya kamu tak langsung menyukai hasil foto dan kembali memotret. Lambat laun, tentu memori ponsel menjadi habis.

#3. Bersihkan Data Cache

Apa itu data cache? Sebenarnya, data cache adalah hal yang baik, lantaran bisa menyimpan berbagai data dari aplikasi ke ruang penyimpanan internal. Dengan data cache yang sudah tersimpan, kamu tak perlu waktu lama ketika membuka sebuah aplikasi.

Sayangnya, ketika kapasitas data cache sudah terlalu banyak tersimpan pada ruang penyimpanan internal, kinerja Android jadi lamban. Karenanya, beberapa aplikasi ada yang telah didukung oleh fitur pembersih data cache.

Namun jika tidak, kamu tetap bisa membersihkan data cache dari aplikasi. Caranya, masuk ke Setting pada Android, pilih Applications, kemudian pilih Application Manager dan pilih aplikasi yang ingin dibersihkan.

Sebelum dan setelah clear cache. [Liputan6.com]
                              Sebelum dan setelah clear cache. [Liputan6.com]

Misalnya kamu ingin membersihkan cache pada aplikasi BlackBerry Messenger. Masuk ke BBM, pilih storage, dan klik clear cache untuk menghapus data yang tak terpakai.

#4. Periksa dan Pastikan SD Card Berfungsi dengan Baik

Memang tak semua ponsel Android memiliki slot SD card, namun jika SD card yang digunakan sudah tak bagus, bisa membuat kinerja ponsel jadi lamban.

Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu mem-back up SD card, kemudian memformatnya sehingga memori card bisa kembali bersih.

Jika kamu merasa data-data yang ada pada SD card penting, jangan lupa untuk mem-back up data tersebut di hard disk atau komputer.

#5. Factory Reset

Jika semua tips di atas sudah kamu coba dan Android kamu masih sangat lemot, mungkin solusinya adalah melakukan Factory Reset.

Namun, penting untuk diingat, ketika kamu melakukan Factory Reset, seluruh data yang ada di Android kamu bakal hilang tak bersisa. Untuk itu, sebelum melakukannya, kamu harus mem-back up semua data pada Android dan menyimpannya.

Ilustrasi: Factory Reset Data (Sumber: Android Central)
                        Ilustrasi: Factory Reset Data (Sumber: Android Central)

 

Dengan Factory Reset, pengaturan pada ponsel akan kembali seperti saat awal kamu membeli smartphone tersebut. Segala data dan aplikasi bakal hilang, tetapi kinerja ponsel bakal lebih cepat.

Sebenarnya, opsi ini tak disarankan jika smartphone kamu memiliki berbagai data yang penting. Karenanya, jangan lupa untuk mem-back up data yang ada.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet.

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Inilah Alasan Mengapa Palestina Tak Ada di Google Maps

Inilah Alasan Mengapa Palestina Tak Ada di Google Maps. SilahkanSHARE.com | Diberitakan sebelumnya, netizen dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *