Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Internasional ::: 5 Jalan Tol Atas Laut Terindah & Terpanjang Di Dunia
Jalan Tol Bali Mandara

5 Jalan Tol Atas Laut Terindah & Terpanjang Di Dunia

5 Jalan Tol Atas Laut Terindah & Terpanjang Di Dunia.

SilahkanSHARE.com | Jalan tol adalah suatu jalan alternatif untuk mengatasi kemacetan lalu lintas ataupun untuk mempersingkat jarak dari satu tempat ke tempat lain. Untuk menikmatinya, para pengguna jalan tol harus membayar sesuai tarif yang berlaku.

Penetapan tarif didasarkan pada golongan kendaraan. Bangunan atau fasilitas di mana tol dikumpulkan dapat disebut pintu tol, rumah tol, plaza tol atau di Indonesia lebih dikenal sebagai gerbang tol.

Dalam perkembangannya jalan tol tidak hanya di bangun diatas daratan saja, berbagai terobosan baru pun dilakukan oleh berbagai negara termasuk Indonesia.

Kini jalan tol sudah ada yang dibangun diatas laut. Seperti Jalan Tol Bali Mandara yang merupakan jalan tol atas laut pertama yang dibangun di Indonesia, dikatakan juga Tol Bali Mandara merupakan jalan tol terindah yang ada di Indonesia.

Nah untuk menambah pengetahuan Anda semua berikut SilahkanSHARE kutip dari Anakregular.com beberapa Informasi tentang Jalan Tol di Atas Laut Terpanjang Di dunia yang telah selesai dibangun dan sudah digunakan banyak orang.

#1. Jalan Tol Jiaozhou Bay

Jalan tol ini resmi dibuka oleh pemerintah China pada 30 Juni 2011. Jalan tol ini diberi nama Jiaozhou Bay Bridge, berlokasi di Qingdao, China timur Provinsi Shandong.

Jalan Tol Jiaozhou Bay

Jiaozhou Bay merupakan jalan tol lintas laut terpanjang di dunia dengan panjang 42 kilometer atau
26,4 mil. Pada waktu itu untuk menyelesaikan proyek ini memakan biaya US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 12,8 triliun.

Jembatan tol ini ditopang oleh lebih dari 5.000 tiang. Pengerjaan jembatan selesai dalam 4 tahun. Jalan tol ini setiap harinya dilalui oleh 30.000 kendaraan, butuh 30 menit sebuah kendaraan untuk bisa melintasi tol ini.

#2. Lake Pontchartrain Causeway

Lake Pontchartrain Causeway

Lake Pontchartrain Causeway, di Amerika, adalah sebuah jalan tol panjang dan terdiri dari dua jalur. Jalan tol ini dibangun di atas danau Pontchartrain, Lousiana, Amerika Serikat, mempunyai panjang 38,4 Km, menghubungkan dua buah kota besar di Amerika.

Bagian Selatan Jembatan ini terhubung dengan kota Metairie, sedangkan bagian utaranya terhubung dengan kota Mandeville. Jembatan Lake Pontchartrain Causeway, selesai dan diresmikan pada tahun 1956, dan diberlakukan sebagai jalan tol.

#3. Chesapeake Bay Bridge

Chesapeake Bay Bridge

Jalan tol ini memiliki panjang 24,140 Km yang melintasi teluk Chesepake di Maryland Amerika. Jembatan ini menghubungkan pedesaan negara kawasan Pantai Timur dengan Barat Shore lebih perkotaan.

Rentang asli dibuka pada tahun 1952 dan, pada waktu itu, dengan panjang 6,9 km, itu adalah terpanjang terus menerus di dunia diatas air struktur baja. Rentang paralel ditambahkan pada tahun 1973.

#4. Jalan Tol Penang, Malaysia

Jalan Tol Penang, Malaysia

Jembatan Penang merupakan jalan tol dua jalur yang menghubungkan Bayan Lepas di Pulau Penang dan Seberang Prai di daratan Semenanjung Malaysia. Jembatan ini juga berhubungan dengan Jalan Lintas Utara-Selatan di Prai dan Jalan Tol Jelutong di Bayan Lepas.

Jalan tol ini dibuka pada 14 September 1985. Panjang keseluruhan jembatan ini sekitar 13,5 km, membuat jembatan ini salah satu jembatan terpanjang di Asia Tenggara dan merupakan landmark Malaysia.

Sebelum 1985, transportasi antara pulau Penang dan daratan hanya dilayani oleh feri antara Butterworth dan George Town. Pengguna jalan hanya perlu membayar tarif ketika menuju Penang, dan tidak perlu membayar ketika meninggalkan pulau, tarif sekali jalan 5,6 Ringgit.

Mulai 2004, jembatan tol ini  diperluas dari 4 lajur menjadi 6 untuk melayani lalu lintas yang meningkat. Kemudian pada 13 Agustus 2009 diresmikan Menteri PU Malaysia Dato’ Shaziman Abu Mansor.

#5. Jalan Tol Bali Mandara

Jalan Tol Bali Mandara

Jalan Tol Bali Mandara Adalah jalan tol atas laut pertama yang dibangun di Indonesia, Jalan Tol ini diresmikan oleh Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 23 September 2013.

Jalan tol ini adalah tol pertama di Indonesia yang dibangun diatas laut sehingga dianggap sebagai jalan tol yang paling indah. Bagi yang belum pernah mendengar nama jalan ini, ok akan mimin bahas sedikit disini.

Seperti terlihat pada foto diatas, Jalan Tol Bali Mandara adalah jalan tol diatas laut yang menghubungkan 3 kawasan di Bali yaitu kawasan Ngurah Rai Tuban, Pelabuhan Benoa, dan Nusa Dua.

Selain itu Jalan Tol Bali Mandara merupakan jalan tol pertama diatas laut yang mempunyai jalur untuk kendaraan roda dua.

Jalur ini terletak di bahu kiri jalan. Untuk setiap motor yang masuk, dikenakan tarif Rp. 4000. Batas kecepatan untuk kendaraan di jalur tol ini adalah 25 hingga 40 km/jam.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Terlalu banyak informasi NEGATIF beredar di internet, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan inspirasi dan memotivasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan, serta kebaikan untuk pembacanya. Saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya! Anda setuju dengan KAMI, Silahkan bantu LIKE dan SHARE!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

10 Negara dengan Jaringan Internet 4G LTE Tercepat di Dunia Tahun 2016

10 Negara dengan Jaringan Internet 4G LTE Tercepat di Dunia Tahun 2016. SilahkanSHARE.com | Berdasarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *