Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Kesehatan ::: 4 Cara Alternatif Ini Ampuh Bisa Sembuhkan Kecanduan Merokok
ilustrasi

4 Cara Alternatif Ini Ampuh Bisa Sembuhkan Kecanduan Merokok

4 Cara Alternatif Ini Ampuh Bisa Sembuhkan Kecanduan Merokok.

SilahkanSHARE.com | Memang ini sudah jadi rahasia umum, dimana memberikan nasihat kepada perokok aktif yang sudah meraih “gelar kecanduan” sangatlah sulit. Dimana seorang yang sudah kecanduan rokok, maka nasihat sebijak apapun dari dokter, istri, teman, seolah tiada akan ada gunanya.

Bahkan saya juga pernah mendengar sendiri bagaimana tetangga saya yang memang terkenal kecanduan rokok yang kemudian sakit komplikasi dan opname di rumah sakit, ternyata walau sudah dilarang dokter, dirinya tetap ngotot merokok hingga akhirnya ajal merenggutnya.

Sejak saat itu, saya sama sekali tidak pernah berani memberikan nasihat kepada teman saya yang memang sudah terlalu “NGEYEL” kalau diberikan nasihat.

Lebih baik saya hanya ingin memberikan nasihat melalui tulisan saja, jadi saya juga tidak perlu memaksa. Jika anda sebagai perokok ingin lanjutkan merokok seumur hidup anda, itu hak anda selama anda tidak merokok yang mengganggu hak orang lain untuk tidak ikut “dipaksa” menghirup asap rokok anda, silahkan tanggung sendiri resikonya.

Namun untuk anda yang mungkin memang memiliki KEINGINAN yang kuat untuk berhenti merokok, berikut ini ada tips dari detikHealth yang semoga saja bisa membantu dan menguatkan niat anda untuk benar-benar bisa berhenti merokok.

Kecanduan merokok bisa disembuhkan dengan beragam cara. Pakar mengatakan hingga saat ini sudah ada beberapa metode pengobatan untuk berhenti merokok antara lain permen karet nikotin, koyo nikotin hingga terapi perilaku dan hipnotis.

Namun penelitian terbaru mengatakan bahwa meditasi secara tidak langsung juga dapat mengatasi kecanduan merokok. Alih-alih menyuruh orang untuk berhenti, meditasi menghilangkan stres yang akhirnya membuat orang tidak ingin berhenti merokok.

Menggunakan prinsip yang sama, berikut 4 alternatif cara sembuh dari kecanduan merokok selain meditasi, seperti dikutip dari CNN, Selasa (4/8/2015).

#1 Atur ulang sistem otak

Art Markman, profesor psikologi dari University of Texas sekaligus penulis buku ‘Smart Change: Five Tools to Create New and Sustainable Habits in Yourself and Others’ mengatakan otak mempunyai dua sistem mekanisme. Sistem Go untuk memulasi sesuatu dan sistem Stop untuk berhenti.

Daripada terus menerus menekan sistem Stop ketika Anda ingin merokok, Markman mengatakan otak akan lebih termotivasi jika Anda mengaktifkan sistem Go. Dengan kata lain, ubah sudut pandang Anda ketika ingin merokok dengan cara mengatur ulang sistem otak.

“Mengatakan saya ingin hidup sehat dan panjang umur sebagai non-perokok lebih baik daripada mengatakan saya ingin berhenti merokok. Kalimat pertama akan membuat otak lebih responsif dan bekerja lebih baik menuju tujuan, yakni ingin hidup sehat dan panjang umur,” papar Markman.

#2 Buat rencana dan latihan

Christine Whelan, pengajar di fakultas Consumer Science, School of Human Ecology, University of Wisconsin-Madison, mengatakan bahwa seperti otot, kontrol diri akan semakin baik jika sering dilatih. Namun tentu saja kontrol diri bisa jebol jika terus menerus dilatih tanpa istirahat.

Untuk itu sangat penting Anda memiliki rencana latihan yang tersusun. Misalnya, dengan memiliki prinsip tidak akan membeli rokok, meskipun Anda tetap bisa merokok dengan memintanya dari orang lain. Seiring berjalannya waktu, keinginan akan berkurang karena sumber daya yang semakin terbatas.

“Buat target Anda menjadi lebih mudah dilakukan, sementara kebiasaan jelek sulit dilakukan. Langkah paling mudah adalah membuang semua korek api dan asbak yang ada di rumah serta tidak mengeluarkan uang untuk rokok,” paparnya.

#3 Cari umpan-balik

Sebagai makhluk sosial, Markman mengatakan manusia selalu butuh umpan-balik untuk segala hal yang dilakukannya. Hal ini juga bisa diterapkan ketika Anda ingin sembuh dari kecanduan merokok.

Coba ceritakan niat Anda ke semua orang yang dikenal tanpa terkecuali. Hal ini akan membuat rasa mawas diri dan komitmen untuk menjalaninya lebih besar karena banyaknya mata yang mengawasi Anda.

“Tentu saja jika Anda sudah berkata A kepada semua orang, orang-orang akan mengharapkan Anda untuk melakukannya. Hal ini membuat Anda lebih teguh untuk menjalani komitmen karena ingin terhindar dari rasa malu,” ungkapnya.

#4 Gunakan aplikasi digital

Aplikasi digital untuk sembuh dari kecanduan merokok sudah banyak beredar. Dengan menggunakan aplikasi, akan ada pengingat yang membuat kontrol diri Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Craving To Quit merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu. Dengan hanya $1 (Rp 13.400) per hari, Anda dapat memiliki aplikasi ini. Keutamaan aplikasi ini terletak pada tombol “Panic Button” yang membuat Anda bisa menahan keinginan untuk merokok.

Mungkin sebenarnya masih banyak lagi cara yang lain untuk bisa berhenti merokok. Namun cara yang paling ampuh itu sebenarnya dari diri sendiri yang bernama “NIAT, NIAT, dan NIAT”. Jika niat untuk berhenti merokok itu ada, maka dengan cara apapun akan lebih mudah untuk bisa berhenti merokok. Tapi kalau niatnya hanya setengah-setengah, maka kecanduan merokok anda takan pernah bisa berhenti.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Terlalu banyak informasi NEGATIF beredar di internet, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan inspirasi dan memotivasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan, serta kebaikan untuk pembacanya. Saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya! Anda setuju dengan KAMI, Silahkan bantu LIKE dan SHARE!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Nasi Putih Lebih Berisiko Sebabkan Diabetes Ketimbang Minuman Manis?

Nasi Putih Lebih Berisiko Sebabkan Diabetes Ketimbang Minuman Manis? SilahkanSHARE.com | Otoritas kesehatan di Singapura …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *