Monday , 29 May 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Headline ::: 3 Air Terjun di Dalam Goa Bawah Tanah yang Mengagumkan

3 Air Terjun di Dalam Goa Bawah Tanah yang Mengagumkan

SilahkanSHARE.com | Ada beberapa pihak atau para pecinta traveling yang menganggap ada beberapa Sungai di Goa Bawah Tanah yang mengagumkan versi mereka.

Saya sendiri juga memiliki kesan dan pendapat terkait dengan 3 Air Terjun di Dalam Goa Bawah Tanah yang Mengagumkan.

Berikut ini merupakan 3 Air Terjun di Dalam Goa Bawah Tanah yang Mengagumkan menurut saya pribadi dan beberapa pendapat dari pendapat orang lain:

Air Terjun di Goa Petruk Kebumen Jawa Tengah

Keindahan Goa Petruk Kebumen | Foto : kebumeninda.blogspot.com
Keindahan Goa Petruk Kebumen | Foto : kebumeninda.blogspot.com

Jika anda pernah ke Kebumen Jawa Tengah, anda tentunya pernah mendengar Wisata bernama Goa Petruk. Lokasi dari Goa Petruk ini sendiri berlokasi di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Goa Petruk Kebumen
sumber foto | kebumeninda.blogspot.com

Panjang dari Goa Petruk ini sekitar dua kilometer.  Disebut Goa Petruk dikarenakan di dalam Goa Petruk ini ada Batu yang bentuknya hampir menyerupai hidung tokoh wewayangan Petruk.

Sungai di Goa Petruk Kebumen | Foto: alficrot.wordpress.com
Sungai di Goa Petruk Kebumen | Foto: alficrot.wordpress.com

Perlu anda ketahui bahwa ternyata Goa Petruk ini pernah dijadikan sebagai tambang fosfat pada zaman Belanda.

Goa yang masih sangat terjaga kealamianya ini oleh para pakar disebut sebagai salah satu Goa Terindah di Indonesia. Di dalam Goa Petruk terdapat beberapa sendang dan sebuah air terjun.

Selain terdapat air terjun dan sungai, Bentuk-bentuk sendimen bebatuan di dalam Goa Petruk sangat indah dan sangat mengagumkan.

Air Terjun di Goa Cerme Bantul, Yogyakarta

Jika anda sering ke Yogyakarta, jangan lupa untuk sempatkan diri anda untuk berkunjung ke Goa Cerme. Letak dari Goa Cerme ini berlokasi di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Goa Cerme Bantul Yogyakarta | Foto: wego.co.id
Goa Cerme Bantul Yogyakarta | Foto: wego.co.id

Jarak dari Goa Cerme sekitar 25 kilometer dari Kota Yogyakarta. Di Dalam Goa Cerme ada terdapat aliran air terjun yang sangat indah. Adapun air terjun yang terdapat dalam salah satu kamar di Goa Cerme bernama air terjun Grojogan Sewu.

Panjang dari Goa Cerme ini sekitar 1.300 meter dan memiliki dua pintu masuk, yakni melalui Luweng Ploso di Desa Giritirto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul dan melalui jalur yang biasa dipakai oleh wisatawan yang berada tepat di mulut Goa Cerme.

Untuk masuk ke Goa Cerme ini, pengunjung perlu peralatan khusus seperti helm speleo dan senter. Pengunjung juga perlu didampingi orang yang mengenal betul lorong-lorong di dalam goa, sebab ada banyak simpangan yang cukup menyesatkan. Antara lain percabangan di Goa Pandu, di bawah air terjun Grojogan Sewu, dan lorong buntu Air Suci.

Nama cerme kabarnya diambil dari kata ceramah. Sebab Goa Cerme ini pernah menjadi tempat pertemuan para wali yang menyebarkan agama Islam di Jawa. Sejak tahun 1980-an, Goa Cerme sudah dikenal sebagai Goa wisata yang banyak dikunjungi.

Air Terjun di Goa Pule Jajar Gunung Kidul, Yogyakarta

Gunung Kidul memang memiliki potensi wisata yang luar biasa. Tidak hanya memiliki potensi keindahan pantai yang mengagumkan, Gunung Kidul juga memiliki potensi Keindahan Goa yang luar biasa. Salah satu Goa yang terkenal yaitu Goa Pule Jajar.

GOA PULE JAJAR Gunung Kidul Yogyakarta | gambar: wego.co.id
GOA PULE JAJAR Gunung Kidul Yogyakarta | gambar: wego.co.id

Jika anda belum pernah mendengar dan berkunjung ke Goa Pule Jajar, anda perlu melihat foto-foto yang ditampilkan dalam tulisan ini.

Goa Pule Jajar ini terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Giri Subo, Kabupaten Gunungkidul propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika ditempuh dari kota Yogyakarta, Goa Pule Jajar tersebut berjarak sekitar 78 kilometer dari kota Yogyakarta. Letaknya berdekatan dengan objek wisata Pantai Wedi Ombo.

Salah satu daya tarik Goa Pule Jajar adalah sungai bawah tanah yang memiliki arus deras. Tinggi dari air terjun di Goa Pule Jajar ini tingginya sekitar 5 meter.

Pintu masuk Goa Pule Jajar berupa celah vertikal yang berukuran sempit. Semakin ke dalam, lorongnya bertambah sempit, pengap, dan berlumpur. Hanya orang-orang berpostur kecil yang dapat dengan mudah menjelajah lorong tersebut. Lorong masuk itu berujung di lorong utama yang luas dan dialiri sungai berarus deras. Dari sungai tersebut, perjalanan menuju air terjun tinggal 10 menit lagi.

Saat ini, Goa Pule Jajar masih dalam tahap eksplorasi. Pengunjung yang datang ke gua ini umumnya adalah mahasiswa pencinta alam dan kalangan speleolog yang berusaha mempelajari gua dan lingkungannya.

Sebenernya masih ada lagi sungai yang berada di dalam goa bawah tanah seerti yang saya sebutkan diatas. Tapi kalau menurut saya cukup tiga itu saja yach, hehe..

Jika anda tertarik berkunjung ke Goa-goa tersebut, silahkan anda kunjungi di tempat-tempat tersebut.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet.

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

5 Pantai Mengagumkan di Indonesia yang Punya Air Terjun ke Laut

5 Pantai Mengagumkan di Indonesia yang Punya Air Terjun ke Laut. SilahkanSHARE.com | Pantai berpasir …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *