Thursday , 30 March 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Kesehatan ::: 15 Profesi dengan Tingkat Stres Paling Tinggi di Indonesia
ilustrasi

15 Profesi dengan Tingkat Stres Paling Tinggi di Indonesia

15 Profesi dengan Tingkat Stres Paling Tinggi di Indonesia.

SilhkanSHARE! | Profesi apapun, sebenarnya pasti selalu memiliki resiko stress, apalagi jika sedang dalam tekanan atau umlah pekerjaan yang menumpuk.

Belumlagi jika sedang memiliki banyak masalah pribadi atau dengan teman, keluarga, tetangga, dan lain-lain, tentunya hal tersebut akan membuat seseorang untuk mengalami stress.

Singkatnya, hampir semua orang yang bekerja pasti pernah merasakan stres ketika menjalani profesinya. Tapi tingkat stres yang dihadapi bisa berbeda tergantung jenis tugas serta posisi jabatan masing-masing.

Umumnya semakin tinggi tanggung jawab, semakin banyak pula tuntutan yang kemudian menimbulkan rasa stres berlebihan.  Tapi tanggung jawab yang lebih sedikit atau posisi yang lebih rendah tidak pula menjanjikan sebuah profesi menyenangkan.

Karena tekanan bisa jadi muncul secara situasional, misalnya saat deadline atau situasi lingkungan yang kurang kondusif.

Meski begitu, ada beberapa pekerjaan yang diketahui punya tingkat stres lebih tinggi dibanding profesi lainnya. Anda mungkin sudah sering membacanya di situs karier luar, tapi bagaimana dengan di Indonesia sendiri?

Riset pun dilakukan platform komunitas online untuk mengetahui profesi apa saja yang punya tingkat stres paling tinggi dan rendah.

Penielitian yang dilakukan sejak Agustus 2015 hingga Januari 2017 itu pun diikuti 86.000 responden di seluruh Indonesia dengan berbagai jenis pekerjaan.

Mereka diminta untuk menilai kehidupan work-life balance selama ini dari skala satu hingga lima.

“Work-life balance berhubungan dengan kemampuan karyawan dalam menghadapi tekanan pekerjaan tanpa mengabaikan berbagai aspek kehidupan pribadi mereka. Besarnya tanggung jawab dan beban yang dirasakan oleh karyawan berbanding terbalik dengan tingkat work-life balance mereka. Semakin besar tekanan dan beban pekerjaan, semakin tinggi pula tingkat stres karyawan, dan akan semakin rendah tingkat work-life balance mereka,” papar Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet Indonesia dalam pernyataan resminya.

Berdasarkan riset itu, rata-rata tingkat stres karyawan Indonesia adalah 3.0. Dari hasil survei juga terungkap fakta menarik yang cukup mengejutkan.

Tak disangka jika public speaker, pengasuh anak, dan petugas kesehatan gigi punya level stres paling tinggi. Sedangkan pekerjaan dengan tingkat stres lebih rendah, antara lain insinyur mikroelektronika, pengacara hak cipta, dan UI/UX developer.

Berikut ini merupakan daftar urutan profesi dengan tingkat stres paling tinggi berserta nilai work life balance-nya, dikutip dari wolipop.

Profesi dengan Tingkat Stres Paling Tinggi di Indonesia

#1. Public Speaker/2,33

gambar: youinc.com

Profesi ini dinyatakan sebagai yang paling rentan untuk stress daripada profesi lain. Hal ini mungkin dikarenakan tekanan yang begitu berat bagi mereka yang berprofesi sebagai Public Speaker.

#2. Pengasuh anak/2,50

gambar: zettamedia.co

Diurutan kedua profesi dengan tingkat stress paling tinggi adalah mereka yang berprofesi sebagai Pengasuh Anak. Para pengasuh anak yang memang dituntut untuk mengasuh anak dengan sebaik-baiknya tentu sering mendapatkan tekanan yang begitu berat dari majikanya.

#3. Petugas kesehatan gigi/2,50

gambar: klinikjoydental.com

Entah kenapa profesi yang satu ini justru berada diurutan ketiga sebagai profesi dengan tingkt stress paling tinggi di Indonesia.

#4. Buruh perusahaan tekstil/2,75

gambar: globalmarket.com

Buruh perusahaan tekstil dianggap sebagai profesi dengan tingkat paling tinggi stress berada diurutan ke-empat.

#5. Petugas medis radiologi/2,85

#6. SPG produk kosmetik/2,88

#7. Desainer produk/2,91

#8. Buruh pabrik logam/2,92

#9. Dokter hewan/2,92

#10. Wedding planner dan organizer/2,93

#11. Konsultan pengelola modal/2,93

#12. Tim produksi dan distribusi film/2,97

#13. Petugas logistik dan transportasi/2,98

#14. Guru TK/2,99

#15. Sales telemarketing/2,99

Apakah dari 15 profesi diatas, satu diantaranya adalah profesi anda? dan benarkah profesi anda tersebut memang layak untuk dianggap sebagai Profesi dengan Tingkat Stres Paling Tinggi di Indonesia?

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet.

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Waspada! Teknologi Ancam Kesehatan Fisik & Psikis Anda

Waspada! Teknologi Ancam Kesehatan Fisik & Psikis Anda. SilahkanSHAREA.com | Gadget atau  smartphone sudah menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *