Friday , 18 August 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Teknologi Informasi ::: 10 Momen Terbesar Sejarah Pengembangan Website

10 Momen Terbesar Sejarah Pengembangan Website

10 Momen Terbesar Sejarah Pengembangan Website.

SilahkanSHARE.com | Web telah berevolusi dari sebuah protokol sederhana untuk mengantar informasi menjadi platform komersil dan rumit untuk mendistribusikan dan berbagi ide. Internet telah berevolusi dalam beberapa dekade terakhir, teknologi-teknologi yang bermunculan membuat pengembangan web semakin mudah dan menyenangkan.

Di bawah ini ada 10 momen terbesar sejarah pengembangan web. Seperti dikutip dari ceritamedan.com.

#1. Linus Torvalds Membuat Karnel Linus

Saat linus torvalds merilis Linus ditahun1991, kernel tersebut mengundang kritik keras dari berbagai pengembang sitem unix lain.

Beberapa orang berpendapat Linux menargetkan arsitektur yang salah (32-bit) ada juga yang berpendapat Linux memiliki cacat secara fundamental. Walaupun begitu, kernel yang dikembangkan Linus pada akhirnya berkembang menjadi sistem operasi pilihan untuk sebagian besar web server.

#2. Web Browser Mosaic Dirilis

Internet akan menjadi tempat yang jauh lebih membosan kan tanpa Mosaic, web browser pertama yang mempopulerkan internet. Saat dirilis di tahun 1993, mosaic adalah web browser pertama yang mendukung bookmark, ikon, tampilan yang modern (pada tahun 2993) dan kemampuan menampilkan gambar.

Sebelum Mosaic, gambar-gambar harus diunduh dan dibuka di dekstop. Setelah web browser dapat menampilkan gambar secara online, aktivitas berselancar internat dan mendorong internat memasuki segmen mainstream.

#3. W3C Merilis CSS 1

CSS telah beredar di internet sejak 1970-an dalam berbagai bentuk. Bulan Desember 1996 adalh pertama kalinya Word Wide Web Consortium (W3C) merilis CSS level 1 Recommendation. Tidak lama setelah itu microsoft meluncurkan Internet Eksplorer 3 yang menawarkan dukungan CSS terbatas.

Sejak saat itu, semua web browser modern hari ini mendukung CSS, walaupun masih ada beberapoa yang kurang mematuhi standar web. Berkat CSS, situs web menjadi lebih mudah dipelihara dan dibuat (asalkan web browser yang dipakai mematuhi standart web).

#4. Gerakan Open Source Dimulai

Gerakan open source memang sudah ada sebelumnya sejak lama. Percaya atau tidak, web pada awalnya tidak dibuat untuk alasan komersil, hanya dibuat untuk memudahkan pertukaran informasi. Sejak situs menjadi sumber pendapatan, pertukaran informasi yang pada awalnya mendefinisikan internet mulai berkurang, hingga saat ini.

Untunglah gerakan open source dimulai. Internet sendiri dibuat dengan bantuan open source sendiri dibuat pada tahun 1960-an. Di tahun 1988, beberapa pemain internet besar bertemu diacara freeware summit yang diadakan Tim O’Reilly dan setuju untuk menggunakan istilah “open source” dan secara resmi memulai inisiatif open source. Lisensi open source mulai dibuat untuk memungkinkan pengembang bekerja sama mendistribusikan daan modifikasi source code.

#5. Rasmus Lerdord Merilis PHP

Berkat open source, bahasa dinamik seperti PHP didistribusikan secara bebas biaya kepada pengembang eb. Anda tidak akan menemukan sebuah penyedia web hosting yang tidak menawarkan PHP. PHP adalah bahasa standar de facto untuk pengembangan web dan ter-install di lebih 20juta situs dan 1 juta web server.

Saat PHP dikenalkan Rasmus lerdord di tahun 1995, bahasa tersebut dengan cepat diadopsi sebagai bahasa yang terbaik untuk pemrograman web. PHP dapat dioperasikan di web server, dapat ditanamkan ke dalam HTML dan bekerja dengan database SOL. PHP memungkinkan pengembang untuk dengan cepat membuat situs berbasis database.

#6. PayPal Didirikan

Walaupun sering controversial, tidak diragukan lagi bahwa PayPal merupakan pelopor proses transfer uang online. Didirikan di tahun 1998, PayPal pada awalnya didesain sebagai cara aman untuk mengirimkan uang dari pembeli ke penjual di situs-situs lelang seperti eBay. PayPal menjadi semakin populer di kalangan eBay, sistem tersebut mulai dibuka untuk dan memudahkan para pengembang untuk menerima bayaran atas layanan yang mereka sediakan.

#7. Lahirnya Firefox

Di tahun 2003 Internet Explorer merupakan penguasa tunggal di segmen web browser, tanpa saingan sama sekali. Sejak jatuhnya Netscape, IE menguasai 94% pangsa pasar Internet.

Tanpa saingan, perkembangan IE juga melambat, dan periode update IE yang biasanya hanya satu tahun dari versi 1 hingga 6 menjadi 5 tahun dari IE6 ke IE7 di tahun 2006. yang mendorong pengembang IE di pertengahan 2000-an adalah web browser open source Mozilla, firefox.

Firefox pertama kali memasuki industri web browser di tahun 2003. versi pertama firefox mengatasi banyak kekuranga IE termasuk Itabbed browsing, spell checking, live bookmarking, dan banyak lagi fitur inovatif lainnya. Akan tetapi yang lebih penting lagi untuk komunitas pengembang web , firefox dibuat berdasarkan rendering engine gecko yang mematuhi standar web.

#8. Ruby on Rails Menjadi Mainstream

Walaupun beberapa orang tidak menganggap kejadian ini sebagai momen besar dalam sejarah pengembangan web, populernya Ruby on Rails (RoR) sangatlah penting karena menjadi simbol berubahnya model pengmbangan web yang menggunakan framework untuk mengembangkan situs secara efisien. David Heinemeier Hansson merilis RoR di tahun 2004 dan sejak saaat itu sudah banyak framework pengembangan web untuk bahasa poerograman PHP dan Python yang dirilis.

#9. 37 Signals Merilis E-Book “Getting Real”

37 signals telah menjadi salah satu perusahaan pengembangan web paling populer dalam beberapa tahun belakangan. Tidak hanya melahirkan produk-produk luar biasa, mereka menjadi salah stu pemikir terdepan dalam pengembangan web modren, terutama mempromosikan metode pengembangan “agile”.

Produk pertama basecamp dibuat menggunakan RoR versi pertama dan filosofi pengembangan web yang mereka pakai menjadi slah satu penyebab populernya mereka di kalangan pengembang web. Dan dirilisnya e-Book berjudul “Getting Real” di tahun 2006 membuat cara pengembangan web agile menjadi semakin populer.

#10. Amazon Meluncurkan Penyimpanan Berbasis Cloud

Dengan layanan S3 dan EC2 di tahun 2006, penyimpanan dan layanan berbasis cloud secara resmi menjadi mainstream. Apabila biasanya perusahaan harus terus menambah server yang mahal seiring tumbuhnya bisnis mereka, dengan Amazon pengembang hanya perlu membayar biaya bandwidth yang mereka pakai.

Secara teori pengembang dapat membuat layanan dengan skalabilitas yang tidak terbatas menggunakan S3 dan EC2. layanan berbasis web ini menjadi jauh lebih murah untuk dibuat dibanding sebelumnya.

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Jangan heran jika masyarakatnya sangat mudah diprovokasi, saling cela di sosial media, sibuk mencari dan menghina kekurangan orang lain dan tidak mau koreksi kekurangan dirinya.Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet. Kami ingin memastikan setiap tulisan di silahkanSHARE.com memang layak DIBACA dan DISHARE untuk memberikan kebaikan untuk para pembacanya!

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Lima Fitur Google yang Belum Diketahui Banyak Orang

Lima Fitur Google yang Belum Diketahui Banyak Orang. SilahkanSHARE.com | Di zaman modern ini teknologi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *