Sunday , 23 April 2017

Download http://bigtheme.net/joomla Free Templates Joomla! 3
Home ::: Featured ::: 10 Hal Unik dan Menarik Dari Tahun Kabisat

10 Hal Unik dan Menarik Dari Tahun Kabisat

10 Hal Unik dan Menarik Dari Tahun Kabisat.

SilahkanSHARE.com | Di tahun ini kita berkesempatan bertemu dengan yang namanya tahun kabisat. Ya, tahun 2016 ini merupakan tahun kabisat.

Oleh masyarakat kita, secara umum tahun kabisat dipahami sebagai tahun yang bilangan angkanya habis dibagi empat dan muncul setiap empat tahun sekali.

Sebenarnya banyak sekali hal unik yang berhubungan dengan tahun kabisat yang perlu kamu tahu. Dikutip dari idntimes.com [29/02/16]. Akan merangkumnya buat kamu, simak baik-baik berikut ulasannya.

#1.  Ternyata keunikan tahun kabisat sudah ada sejak zaman Romawi kuno lho, yaitu pada kepemimpinan Julius Caesar.

#2.  Pada masa pemerintahannya, Julius Caesar meminta seorang ahli astronomi yaitu Sosigenes untuk memperbaiki sistem penanggalan karena menurutnya masih belum tepat. Menurut perhitungan sebelumnya, dalam satu tahun jumlah hari adalah 365,25, lalu untuk memudahkan perhitungan Sosigenes menggenapkannya menjadi 365 hari. Terus sisanya diapain?

#3.  Ternyata sisa perhitungan hari tersebut digabung menjadi satu hari setiap empat tahun sekali. Satu hari tersebut diletakkan pada bulan Februari karena bulan Februarilah yang memiliki hari paling sedikit.

#4.  Perhitungan tahun kabisat direvisi kembali karena ternyata perhitungan hari dalam setahun tidaklah genap 365,25 hari. Terdapat tiga hari yang dihilangkan untuk menghindari kekacauan dalam sistem penanggalan. Itulah sebabnya tidak ada tahun kabisat pada tahun ke 100, 200 dan 300.

#5.  Kata kabisat diambil dari bahasa arab yaitu kabisah yang berarti melompat. Indonesia menggunakan kata kabisat untuk menyebut tahun yang memiliki jumlah hari yang berlebih. Sedangkan sebagian besar negara lain menggunakan kata leap year.

#6.  Kabarnya, menurut kepercayaan beberapa orang adalah pantang untuk melaksanakan pernikahan di tahun kabisat karena akan berujung pada perpisahan. Nasib buruk akan menimpa pernikahan mereka.

#7.  Di Rusia, tahun kabisat dipercaya membawa cuaca buruk yang akan berlangsung sepanjang tahun.

#8.  Bayi yang lahir pada tahun kabisat akan dianugerahi bakat yang istimewa lho.

#9.  Berkebalikan dengan poin no. 8, di Tiongkok anak yang lahir pada tahun kabisat dipercaya tidak memiliki bakat dalam hal berbisnis dan akan mengalami banyak kesulitan dalam hidupnya.

#10.  Orang yang lahir pada tanggal 29 februari maka akan meninggal juga pada tanggal yang sama yaitu tanggal 29 februari.

Nah, itulah hal-hal unik ditahun kabisat. Percaya atau tidaknya itu tergantung pada diri kalian sendiri 🙂

Bagaimana komentar anda usai baca tulisan diatas?

Tentang SilahkanSHARE.com

Berdasarkan data UNESCO, minat baca orang Indonesia sangat rendah diurutkan ke 60 dari 61 di dunia. Namun fakta mengejutkan lainnya, ternyata netizen Indonesia adalah yang paling cerewet di dunia. Dengan fakta itulah, SilahkanShare.com ingin menyajikan informasi yang bisa memberikan informasi dan inspirasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembacanya. Apalagi saat ini sudah terlalu banyak informasi yang isinya lebih cenderung merusak, jadi memang harus jadi pembaca cerdas dan memang harus kita sendirilah yang harus menyaring sebuah informasi di internet.

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Daftar Gamer Paling Kaya di Dunia

Daftar Gamer Paling Kaya di Dunia. SilahkanSHARE.com | Bagi sebagian orang, bermain game mungkin hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *